Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segini Kekayaan Zhang Yiming, Pendiri Bytedance yang Akusisi Anak Usaha GOTO

Mengintip kekayaan Zhang Yiming, pendiri ByteDance setelah akuisisi anak usaha PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO)
Zhang Yiming, founder CEO dan Bytedance/bloomberg
Zhang Yiming, founder CEO dan Bytedance/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan induk TikTok, ByteDance, belum lama ini telah resmi mengakuisisi anak usaha PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dan menjadi pemilik saham Tokopedia sebanyak 75,01% atau senilai US$1,84 miliar. 

TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance China, telah menuntaskan kesepakatan bisnis yang disepakati pada bulan Desember untuk membeli 75,01 persen saham Tokopedia.

Kehadiran besar ByteDance di Indonesia tak lepas dari peran pendirinya, Zhang Yiming, yang merupakan pendiri utama raksasa teknologi China tersebut, dan kemudian terkenal dengan aplikasi TikTok yang sangat populer, yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Zhang memulai ByteDance pada 2012 di sebuah apartemen dengan empat kamar tidur di Beijing dan meluncurkan aplikasi agregasi berita Toutiao beberapa bulan kemudian.

Pria kelahiran asli China itu merupakan lulusan dari software engineering yaitu di Nankai University Beijing. Selain menguasai bidang software engineering, Zhang juga memang menyukai bidang bisnis. Hal ini yang membuat dirinya memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis teknologi.  

Sebelum berbisins, Zhang sempat bekerja di beberapa perusahaan, lalu bersama rekannya Liang Rubo pada tahun 2009 mendirikan startup 99fang, mesin pencari real estat yang berakhir gagal.  

Atas hasil kerjanya, dia pernah masuk dalam Daftar 30 Under 30 Forbes China 2013 dan saat ini berada di posisi ke-28 orang terkaya di dunia versi Forbes. 

Namun, Zhang mengundurkan diri sebagai ketua ByteDance pada November 2021 setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada Mei tahun itu karena adanya tekanan dari pemerintah China.

Kekayaannya saat ini mencapai US$43,4 miliar atau setara dengan Rp707,64 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper