Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia 8 Miliarder Muda Terkaya di Dunia 2024, Paling Tajir Punya Harta Rp616,8 Triliun

Pewaris Red Bull, Mark Mateschitz, berada di urutan pertama dengan kekayaan US$39,6 miliar atau sekitar Rp616,88 triliun
Pembalap F1 Red Bull Racing Max Verstappen / Reuters-Andrew Couldridge.
Pembalap F1 Red Bull Racing Max Verstappen / Reuters-Andrew Couldridge.

Bisnis.com, JAKARTA — Muda dan kaya tentu jadi impian semua orang. Di dunia saat ini ada sederet anak muda yang sudah dapat label miliarder dalam dolar AS, baik dari hasil usaha sendiri atau dari warisan keluarga.

Namun, Forbes melansir, tahun ini untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, tidak ada miliarder hasil usaha sendiri di bawah usia 30 tahun dalam daftar Miliarder Muda Dunia 2024 versi Forbes.

Hal ini jadi cerminan bahwa kita telah memasuki era "nepo baby" di mana banyak orang-orang kaya yang sebenarnya tak pernah berusaha sendiri

Miliarder termuda di dunia saat ini adalah Livia Voigt yang berusia 19 tahun, yang masih kuliah. Remaja Brasil ini memiliki kekayaan sekitar US$1,1 miliar sebagai hasil dari kepemilikan saham minoritasnya di perusahaan peralatan listrik WEG, yang didirikan oleh mendiang kakeknya.

Cari tahu bagaimana mereka mengumpulkan kekayaan besar mereka di usia yang begitu muda.

Berikut ini adalah daftar delapan miliarder termuda di dunia, menurut Forbes. 

8. Gustav Magnar Witzøe, 30 – US$4,2 triliun

Saat berusia 19 tahun, ayah Gustav Magnar Witzøe dari Norwegia memberinya hampir setengah kepemilikan saham dari perusahaan budidaya ikan milik keluarga, SalMar, pembudidaya salmon terbesar kedua di dunia yang mengekspor ke lebih dari 50 negara. New Zealand Herald melaporkan hal itu sebagai langkah untuk menghindari tagihan pajak warisan yang besar .

Saat ini, Gustav bekerja di perusahaan rintisan teknologi dan investasi properti sementara ayahnya terus mengawasi SalMar. Gustav juga sering tampil di karpet merah acara-acara bergengsi seperti Met Gala, dan dia juga kerap menggunakan ketampanannya untuk bekerja sebagai model untuk berbagai merek dan majalah.

7. Michal Strnad, 31 – US$4,5 miliar

Michal Strnad adalah pemilik dan CEO Czechoslovak Group, yang lebih dikenal sebagai CSG, yang diwarisi dari ayahnya pada 2018. Reuters melansir, perusahaan tersebut merupakan salah satu produsen amunisi terbesar di UE, yang mengkhususkan diri pada senjata, truk dan kendaraan militer, serta radar. Perusahaan pembuat jam tangan Ceko PRIM juga berada di bawah naungannya.

5-6. Clemente Del Vecchio, 19 dan Luca Del Vecchio, 22 – masing-masing US$4,9 miliar

Putra-putra mendiang pimpinan EssilorLuxottica, Leonardo Del Vecchio, Luca dan Clemente Del Vecchio masing-masing mewarisi 12,5 persen saham di perusahaan induk milik ayah mereka, yang merupakan perusahaan di balik merek kacamata hitam populer Ray-Ban.

Selain meraup miliaran dolar dari perusahaan kacamata terbesar di dunia, kedua bersaudara yang bermarkas di Milan ini juga memiliki saham di perusahaan asuransi Generali, pengembang properti Covivio, serta bank Mediobanca dan UniCredit di Italia.

3-4. Firoz Mistry, 27 dan Zahan Mistry, 25 – masing-masing US$5,1 miliar

Kakak baradik Firoz dan Zahan Mistry, yang masing-masing memiliki kekayaan senilai US$5,1 miliar, memiliki kekayaan yang sangat besar berkat saham mereka di konglomerat Tata dan perusahaan konstruksi Shapoorji Pallonji Group, yang mereka warisi. 

Mereka tiba-tiba masuk dalam daftar orang terkaya pada 2022 ketika ayah mereka meninggal secara tragis dalam sebuah kecelakaan mobil, hanya tiga bulan setelah kematian kakek mereka yang berusia 93 tahun, yang merupakan pemegang saham perorangan terbesar Tata saat itu, menurut India Times. 

Pengusaha muda yang sempat tinggal di Irlandia itu kini tinggal di Mumbai, tempat kedua perusahaan itu berpusat.

2. John Collison, 33 – US$7,2 miliar

Pengusaha Irlandia John Collison adalah salah satu pendiri dan presiden Stripe, sebuah perusahaan yang memungkinkan bisnis dan individu menerima pembayaran online, yang didirikannya bersama saudaranya Patrick pada 2010. 

Pada tahun 2016, Collison menjadi miliarder termuda di dunia yang merintis usahanya sendiri.

1. Mark Mateschitz, 31 – US$39,6 miliar

Pewaris Red Bull, Mark Mateschitz, melesat ke puncak daftar miliarder muda terkaya pada 2022 ketika dia mewarisi 49 persen perusahaan tersebut setelah kematian pendirinya, Dietrich Mateschitz.

Dengan Red Bull yang menghasilkan pendapatan sebesar US$11,6 miliar dan menjual 12,1 miliar kaleng di seluruh dunia tahun lalu saja, tak mengherankan jika kekayaan bersih Mark melesat begitu tinggi. Kekayaannya kini diperkirakan mencapai US$39,6 miliar atau sekitar Rp616,88 triliun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper