Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan 6 Miliarder Termuda Hasil Usaha Sendiri Tahun 2024

Daftar 6 miliarder termuda yang menghasilkan kekayaan dari hasil usaha sendiri
Deretan 6 Miliarder Termuda Hasil Usaha Sendiri Tahun 2024
Deretan 6 Miliarder Termuda Hasil Usaha Sendiri Tahun 2024

Bisnis.com, JAKARTA – Forbes baru-baru ini merilis peringkat miliarder di seluruh dunia termasuk para miliarder-miliarder muda di dunia.

Daftar Miliarder Dunia Forbes untuk tahun 2024 baru saja terungkap dan tahun ini, 25 orang termuda di dalamnya memiliki kekayaan total US$110 miliar.

Meskipun mayoritas dalam daftar tersebut mendulang kekayaan dari perusahaan dan aset yang diwariskan, namun masih ada di antara mereka yang memang sukses membangun bisnisnya sendiri.

Beberapa di antaranya adalah pendiri perusahaan terkenal seperti Snapchat, Gymshark, dan Oculus VR.

Berikut ini daftar miliarder termuda yang menghasilkan kekayaannya dari usahanya sendiri:

1. Evan Spiegel

Evan Spiegel, 33, adalah pengusaha Prancis-Amerika dan CEO Snap Inc, perusahaan di balik aplikasi media sosial populer, Snapchat.

Dia ikut mendirikan Snapchat bersama saudara laki-lakinya Bobby Murphy dan Reggie Brown pada 2011 setelah lulus dari Universitas Stanford dan menjadi miliarder pada usia 25 tahun.

Spiegel, yang kekayaan bersihnya mencapai US$3,1 miliar, memiliki sekitar seperempat saham Snap Inc yang diperdagangkan secara publik bersama Murphy, 35, yang menghasilkan pendapatan US$4,6 miliar pada tahun lalu.

2. John Collision 

John Collision, 33, dan saudaranya Patrick, 35, menjual startup pertama mereka, Auctomatic, sebuah perangkat lunak manajemen eBay yang mereka bentuk bersama saudara Harj dan Kulveer Taggar, seharga US$5 juta pada 2007, ketika John masih di sekolah menengah.

Setelah mendaftar dan lulus dari Harvard, John bersama saudaranya mendirikan Stripe, sebuah perangkat lunak pembayaran yang investornya termasuk Fidelity dan dana pembangunan kedaulatan Irlandia.

Pada 2016, putaran pendanaan sebesar US$9,2 miliar menjadikannya miliarder termuda di dunia pada usia 26 tahun. Kekayaan bersihnya saat ini adalah IS$7,2 miliar.

3. Ben Francis

Ben Francis, 31, adalah seorang pengusaha Inggris yang menjabat sebagai CEO Gymshark, merek pakaian olahraga yang dia dirikan pada tahun 2012 bersama temannya Lewis Morgan di garasi orang tuanya.

Morgan menjual sahamnya pada 2020 kepada perusahaan ekuitas swasta General Atlantic dan Francis masih memiliki 70% saham Gymshark, menghasilkan kekayaan bersih US$1,3 miliar.

4. Andy Fang dan Stanley Tang

Andy Fang, seorang pengusaha teknologi Amerika dan Stanley Tang, seorang pengusaha teknologi Hong Kong, keduanya berusia 31 tahun, memiliki kekayaan bersih sebesar US$1,2 miliar.

Fang dan Tang adalah teman asrama di Stanford, di mana mereka bekerja sama dengan mahasiswa MBA Tony Xu untuk meluncurkan DoorDash pada 2013 setelah menyadari terbatasnya pilihan pesan-antar makanan di daerah tersebut.

Mereka juga membawanya menjadi perusahaan publik pada 2020.

Fang saat ini menjalankan tim teknik "LaunchPad" DoorDash, sementara Tang, mengepalai bagian robotika dan otomasi perusahaan, DoorDash Labs.

5. Palmer Luckey

Palmer Luckey, 31, seorang pengusaha teknologi Amerika dan insinyur perangkat lunak otodidak, memperoleh kekayaan pertamanya ketika meluncurkan startup Oculus VR.

Dia menjual headset realitas virtual yang dibuatnya pada usia 16 tahun, lalu menguangkannya ke Facebook pada tahun 2014 dalam kesepakatan senilai US$2 miliar.

Pada 2017, Luckey, yang kekayaan bersihnya mencapai US$2,3 miliar, mendirikan perusahaan teknologi pertahanan Anduril, yang telah mengirimkan drone ke Ukraina. Putaran pendanaan pada bulan Desember 2022 menilai Anduril sebesar US$8,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler