Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miliarder Jared Isaacman Terbang ke Luar Angkasa Pakai Roket SpaceX Falcon 9, Misi 5 Hari

Akan berkeliling selama lima hari di luar angkasa, miliarder Jared Isaacman akhirnya terbang pakai roket spaceX
Jared Isaacman dan kru Polaris Dawn/instagram rookisaacman
Jared Isaacman dan kru Polaris Dawn/instagram rookisaacman

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang miliarder AS Jared Isaacman akan melakukan perjalanan ruang angkasa pribadi pertamanya dengan roket SpaceX. 

Dia akan lepas landas dari Florida dengan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dalam misi lima hari.

Perjalanan luar angkasa ini dijadwalkan pada hari Kamis dan dirancang sebagian untuk menguji pakaian antariksa baru yang telah ditingkatkan, sebelum lima awak kembali turun di lepas pantai Florida.

Dilansir dari Al Jazeera, pesawat luar angkasa, bernama Resilience, yang diluncurkan pada hari Selasa, juga akan menjelajah lebih jauh dari siapa pun sejak program Apollo NASA berakhir pada tahun 1970an, mencapai ketinggian orbit 870 mil (1.400 kilometer).

Para kru juga akan melakukan hingga 40 percobaan, termasuk komunikasi laser antar satelit antara pesawat ruang angkasa dan konstelasi satelit Starlink Space X.

Pengusaha teknologi Jared Isaacman menanggung biaya penerbangan dan didampingi oleh sepasang insinyur SpaceX dan mantan pilot Angkatan Udara Amerika Serikat. CEO dan pendiri perusahaan pemrosesan kartu kredit, Shift4, menolak menyebutkan berapa besar investasi yang ia investasikan untuk penerbangan tersebut.

Misi tersebut, yang disebut Polaris Dawn, adalah yang pertama dari tiga perjalanan yang dibeli Isaacman dari pendiri SpaceX Elon Musk dua setengah tahun lalu, segera setelah kembali dari penerbangan luar angkasa pribadi SpaceX pertamanya pada tahun 2021 yang mengumpulkan ratusan juta dana untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude. pusat kanker anak terkemuka di Amerika.

Bertambah lagi miliarder yang nekad terbang ke luar angkasa bersama pemberani meluncur kembali ke orbit pada hari Selasa, bertujuan untuk melakukan perjalanan luar angkasa pribadi pertama dan menjelajah lebih jauh dari siapa pun sejak pendaratan Apollo di NASA.

Berbeda dengan penerbangan sewaan sebelumnya dengan spaceX, kali ini pengusaha teknologi Jared Isaacman, 41, berbagi biayanya. Proyek ini mencakup pengembangan dan pengujian pakaian antariksa baru untuk melihat bagaimana pakaian tersebut dapat bertahan dalam kondisi vakum yang ekstrim.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, ini akan menjadi pertama kalinya warga negara melakukan perjalanan luar angkasa, namun mereka tidak akan berani keluar dari kapsul.

Dianggap sebagai salah satu bagian penerbangan luar angkasa yang paling berisiko, hanya astronot profesional yang pernah melakukan perjalanan luar angkasa sejak Uni Soviet membuka pintu tersebut pada tahun 1965, diikuti oleh Amerika Serikat. Saat ini, para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional rutin melakukan perjalanan luar angkasa.

Perjalanan luar angkasa, yang dijadwalkan berlangsung selama dua jam, dianggap sebagai salah satu bagian paling berisiko dari penerbangan luar angkasa dan telah menjadi satu-satunya bidang yang dilakukan astronot profesional sejak Uni Soviet membuka pintu tersebut pada tahun 1965, diikuti oleh Amerika Serikat.

Isaacman dan Sarah Gillis dari SpaceX akan menguji pakaian astronot baru mereka dengan memutar tubuh mereka sambil menjaga tangan atau kaki tetap menyentuh kapsul.

Tidak akan ada yang melayang di luar angkasa dengan ujung tambatan atau dengan jetpack. Tujuannya adalah untuk membuat pakaian antariksa lebih mudah disesuaikan untuk semua bentuk dan ukuran astronot guna mengurangi biaya karena penerbangan luar angkasa manusia menjadi lebih umum.

Sementara beberapa orang mengkritik miliarder yang membeli sejarah luar angkasa sebagai astronot amatir, dalam hal ini, Isaacman adalah komandan misi dan astronot paling berpengalaman di dalamnya karena dia adalah satu-satunya anggota awak yang pernah ke luar angkasa sebelumnya.

“Saya tidak hidup ketika manusia berjalan di bulan. Saya tentu ingin anak-anak saya melihat manusia berjalan di bulan dan Mars, serta bertualang dan menjelajahi tata surya kita,” kata Isaacman, 41 tahun, sebelum lepas landas.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper