Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berencana Berpartisipasi dalam Pameran Usaha? Simak Lima Hal Penting Ini

Dalam mengembangkan usaha, kegiatan pemasaran atau marketing menjadi salah satu hal penting untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Salah satu caranya bisa dengan mengikuti pameran usaha.
Salah satu contoh produk Industri Kecil dan Menengah (IKM)/Bisnis.com-Feri Kristianto
Salah satu contoh produk Industri Kecil dan Menengah (IKM)/Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA-- Dalam mengembangkan usaha, kegiatan pemasaran atau marketing menjadi salah satu hal penting untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Salah satu caranya bisa dengan mengikuti pameran usaha. Namun, sebelum memtuskan mengikuti sebuah pameran, ada baiknya perhatikan beberapa tipsdari pelaku usaha berkut ini:

1.Gratis tapi tidak gratis.

Banyak yang menganggap pameran hanya akan buang-buang duit. Pasalnya, kendati stan pamerannya gratis, pada kenyataannya semua pameran membutuhkan duit. Ongkos keluar, misalnya, untuk membuat banner, kartu nama, dekorasi stan, perlengkapan seperti meja dan kursi, dan buat pengangkutan dan tranportasi barang ketika berangkat dan pulang pameran.

2. Pilih pameran yang spesifik.

Ada pameran yang biasanya hanya spesifik dari bidang usaha tertentu, ada juga pameran umum di mana bidang usaha pesertanya amat luas. Jika tujuannya pameran lebih mencari peluang kerja sama business to business, pilihlah pameran yang spesifik agar hasilnya lebih maksimal.

3. Persiapan adalah kunci.

Persiapan dimaksud bukan sekedar soal pendaftarannya saja,tetapi menyiapkan stok barang, interior menarik, distribusi barang. Hal ini sangat penting terutama jika ingin ikut pameran ke luar kota. Khusus bagi pelaku usaha di bidang makanan juga perlu memikirkan pendingin, serta bahan baku yang dapat didapatkan dengan mudah.

4. Siapkan diri 24 jam.

Cari cara yang membuat pameran bisa berjalan efektif agar target bisa tercapai. Intinya, siapkan diri 24 jam dikali jumlah hari pameran untuk tidak istirahat.

5. Atur harga.

Bedakan harga untuk dua pasar yang berbeda yakni pasar konsumen langsung ataupun pasar bisnis. Diperlukan strategi pendekatan yang berbeda untuk masing-masing segmen tersebut, termasuk dari segi harga. Berikan diskon pada saat hari penutupan pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper