Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIPUTRA WAY: Pusatkan Pikiran Pada Fokus Tunggal

BISNIS.COM, JAKARTA--Suatu kali, dalam beberapa dialog ataupun dalam tanya jawab melalui Internet, Ciputra selalu dihadapkan pada pertanyaan: Bagaimana Anda bisa sesukses itu? Padahal, perjalanan yang harus dilalui, tidak jarang, ada batu sandungan.

BISNIS.COM, JAKARTA--Suatu kali, dalam beberapa dialog ataupun dalam tanya jawab melalui Internet, Ciputra selalu dihadapkan pada pertanyaan: Bagaimana Anda bisa sesukses itu? Padahal, perjalanan yang harus dilalui, tidak jarang, ada batu sandungan. Ada  hal yang selalu mengganggu upaya pencapaian pak Ci, panggilan akrab Ciputra.

Seperti yang pernah dipaparkan dalam buku the Ciputra Ways, pria kelahiran Parigi ini, tidak pernah mengajarkan  kiat yang rumit . Namun, sebaliknya, mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Anda tidak percaya?

Pak Ci hanya mengatakan: Tidak mau berhenti jika belum mencapai puncak pendakiannya itu. Kalaupun upaya merealisasikan hal itu akan memerlukan waktu lima, sepuluh, atau bahkan dua puluh tahun, dia akan terus mengerjakan dengan bersemangat.

Segala pikiran terpusat pada focus tunggal, yakni merealisasikan apa yang telah ia tetapkan untuk direalisasikan.

“Bagi seorang pekerja keras, meskipun itu di langit, harus tetap kita kejar . Andai tidak terpenuhi, kita sedang dalam proses ke sana,” kata Ciputra.

Bidang usaha yang benar-benar sesuai dengan anatomi kejiwaan kita, katanya, membuat kita tidak pernah sungkan atau ragu untuk tetap focus berusaha, sekalipun memerlukan waktu lima, sepuluh bahkan 20 tahun.Cerita Ciputra  Ini seperti kisah Bruce Jenner, atlet dasa lomba yang meraih medali emas di Olimpiade 1976. Perjuangannya yang total dan focus membuatnya sukses.

“Saya memutuskan, perbedaannya adalah focus total yang tidak terpecahkan pada satu tujuan tunggal. Segera setelah menyadari itu, saya berubah dari hanya sebagai ‘pemimpi’ menjadi seorang yang terobsesi untuk melakukan tindakan. Saya berubah dari seorang yang cepat puas dengan prestasi lumayan, menjadi seorang yang akan puas kalau meraih prestasi terbaik…”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper