Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIPUTRA WAY: Entrepreneur, Jalan Legal jadi Miliarder

Bisnis.com, JAKARTA - Kita kerap dihadapkan pada keinginan menjadi orang kaya. Namun, kita kerap kesal. Pasalnya, jalan untuk menggapai keinginan itu, sulit. Akibatnya, tidak sedikit orang memilih cara lain yang lebih memungkinkan untuk cepat kaya. Salah

Bisnis.com, JAKARTA - Kita kerap dihadapkan pada keinginan menjadi orang kaya. Namun, kita kerap kesal. Pasalnya, jalan untuk menggapai keinginan itu, sulit. Akibatnya, tidak sedikit orang memilih cara lain yang lebih memungkinkan untuk cepat kaya. Salah satunya korupsi miliaran rupiah.

Menjadi kaya dengan cara korupsi,  jelas bukan sifat entrepreneur.  Begitupun yang dikatakan oleh Ciputra, tokoh entrepreneur Indonesia.

“Karena mereka [pelaku tindak korupsi] bukan entrepreneur, tidak memahami jalan meraih kekayaan yang lebih baik dan terhormat, mereka pun memilih untuk korupsi. Padahal dengan ber-entrepreneurship kita juga bisa menjadi lebih kaya,” tandas Ir. Ciputra  di hadapan audiens acara “Wealth Expo” di Senayan City Hall, Jakarta, akhir tahun lalu.

Menurut Pak Ci, satu-satunya jalan yang legal untuk menjadi miliuner adalah menjadi entrepreneur. Dan untuk itu, pada dasarnya tidak ada rahasia sama sekali. “There is no secret to become a self-made millionaire!” tegasnya.

Dengan berpikir bahwa ada rahasia, katanya, justru kita akan menghalangi diri sendiri untuk meraih kesuksesan finansial. “Katakan tidak ada rahasia,  karena bibir Anda , lidah Anda, pikiran Anda mempunyai kuasa,” lanjut Ciputra.

Itulah menurutnya yang menjadi kunci bagi seseorang agar bisa meraih kebebasan finansial, keyakinan pada diri sendiri untuk  dapat mengubah nasib dengan kerja keras dan doa.

Namun,  Ciputra merasa miris. Bangsa Indonesia telah merdeka dan sudah saatnya mengubah mindset masyarakat untuk memiliki mental mandiri dan berjiwa wirausaha. ”Sayangnya, sekitar 3.000 lembaga pendidikan di Indonesia saat ini tidak mengajarkan bagaimana caranya untuk menjadi wirausaha, melainkan menjadi profesional...”

Bapak empat anak itu juga mengungkapkan bahwa dirinya sangat ingin menjadikan Indonesia sebagai negara entrepreneur (wirausahawan). Menurut dia, Indonesia masih membutuhkan empat sampai lima juta entrepreneur baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper