Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Lakukanlah Apa yang Anda Anggap Terbaik

Bisnis.com, JAKARTA - Masih ingat isi dialog Ciputra dengan Bisnis di Singapura yang dimuat pada  Bisnis.com edisi 1 April 2013?

Bisnis.com, JAKARTA - Masih ingat isi dialog Ciputra dengan Bisnis di Singapura yang dimuat pada  Bisnis.com edisi 1 April 2013?

Ciputra begitu kagum pada Singapura dan kemajuannya. Singapura bisa maju, karena mayoritas warganya memiliki semangat entrepreneurship. Bahkan sekitar 7% dari jumlah populasi penduduk di negara itu menjadi entrepreneur.

Hal itulah yang membuat Singapura bisa menjadi negara maju, meski tidak memiliki sumber daya alam. Kebalikannya dengan Indonesia, yang kekayaan alamnya sangat berlimpah tetapi tidak dikelola dengan optimal.

”Namun, kekayaan alam yang melimpah ini sampai sekarang masih kurang bisa menyejahterakan rakyat.  Hal ini  karena minimnya kemampuan entrepreneurship di negara kita,” papar Pak Ci.

Akibat minim semangat entrepreneurship, pengangguran di Indonesia pun semakin banyak karena para lulusan perguruan tinggi lebih suka mencari pekerjaan, bukannya menciptakan pekerjaan.

“Itulah mengapa saya getol ingin menularkan semangat entrepreneurship ini. Saya sudah mendapat banyak hal dari Indonesia. Itu harus dibalas, dengan entrepreneurship inilah bangsa kita bisa maju,” katanya.

Dia berkeyakinan sebuah bangsa akan maju jika jumlah entrepreneur-nya paling sedikit 2% dari jumlah penduduk. ”Lihat itu Singapura 7%, di Indonesia paling hanya 0,5%.”

Semangat menggelontorkan entrepreneurship pun diwujudkan Ciputra dengan mengembangkan sejumlah sekolah dan perguruan tinggi seperti Sekolah Ciputra,  Sekolah Citra Berkat, Sekolah Global Jaya, Sekolah Pembangunan Jaya, serta beberapa lainnya di beberapa kota.

 “Untuk itulah kami memberikan Lifetime Achievement Luminary Award kepada DR Ciputra karena selain mampu mengembangkan bisnis hingga berbagai negara selama lebih 40 tahun, juga mengampanyekan inovasi dan entrepreneurship," ujar Managing Director Channel NewsAsia, Debra Soon.

Luminary Award dari Channel NewsAsia  terdiri dari 4 kategori, yakni Innovation Luminary Award, Green Luminary Award, Future Business Luminary Award serta Lifetime Achievement Luminary Award.

Pada 2012, Lifetime Achievement Luminary Award diraih Dhanin Chearavanont, pemilik Charoen Pokphand Group, Thailand. Ciputra merupakan orang Indonesia pertama yangmeraih penghargaan itu.”Ini semata karena berkat dari Tuhan,” katanya.

Dia melanjutkan. “But don't expect anything, reward from the public. You do what you think (is) the best, not because to get the reward. Kalau hanya mengharapkan penghargaan, itu adalah kesalahan yang besar sekali. Lakukanlah apa yang Anda anggap yang terbaik.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : 24 Jam Belajar Dari Ciputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper