Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Jagalah Reputasi Anda

Bisnisnis.com, JAKARTA - Pria kelahiran  Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931,  cerdik dan entrepreneur sejati. Dia menjaga reputasi. Saat banyak pengusaha di sektor property menumpuk hutang untuk membangun propertinya –dengan meminjam

Bisnisnis.com, JAKARTA - Pria kelahiran  Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931,  cerdik dan entrepreneur sejati. Dia menjaga reputasi. Saat banyak pengusaha di sektor property menumpuk hutang untuk membangun propertinya –dengan meminjam uang dari bank—dia justru sebaliknya.

Memanfaatkan apa yang ada padanya, dia mampu mendatangkan uang, tanpa ada barang miliknya yang hilang.  Kisah itu terjadi saat anak usaha grup Ciputra, Ciputra Residence  menandatangani kesepakatan kerja sama pembentukan anak usaha baru dengan Mitsui Corporation.

Perusahaan pengembang besar itu melepas tanah miliknya seluas 60 hektare untuk dijual dan dikembangkan bersama dengan Mitsui Corp. “Untuk mengembangkan tanah seluah 60 hektare yang ada di Citraraya Garden dan Citraraya Tangerang,” ujar Direktur Ciputra Development Tbk Tulus Santoso dalam paparan publiknya di hotel Ciputra, Selasa, 28 Mei 2013.

Nilai dari perjanjian tersebut yakni Rp435 miliar. Anak usaha baru ini nanti akan dimiliki mayoritas oleh Ciputra 51% ,  sisanya oleh Mitsui Corp. Total nilai investasi sekitar Rp2 triliun dengan potensi profit gross marjin 4O% - 40%.

Rencananya, tanah seluas 60 hektare itu akan dibangun untuk kawasan perumahan dan apartemen. Sumber dana seluruhnya akan berasal dari pihak Mitsui Corp. Padahal, hingga kuartal I 2013 emiten Ciputra membukukan laba yang dapat didistribusikan kepada entitas induk  Rp215,89 miliar. Adapun pendapatan usaha tercatat senilai Rp1,34 triliun.

Apa yang menajdi kunci kepercayaan Mitsui Corp kepada Ciputra? Reputasi. Itu pun terjadi saat Ciputra Grup –melalui PT Ciputra Adigraha—menjalin kerja sama dengan CIMB Niaga Tbk.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) pada tahun lalu  menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Ciputra Adigraha, selaku pengembang dari Raffles Residences Jakarta, dalam hal pemberian fasilitas kredit pemilikan apartemen (KPA).

Raffles Residences Jakarta merupakan produk luxury residence yang terletak di Ciputra World Jakarta - proyek superblock dari grup Ciputra yang berlokasi di Jl Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan yang merupakan pusat dari golden triangle antara Sudirman, Gatot Subroto, dan Rasuna Said.

Tony Tardjo, Head of Consumer Lending CIMB Niaga melalui siaran persnya,  mengungkapkan  CIMB Niaga telah menjalin kerja sama dengan grup Ciputra untuk sejumlah proyek perumahan di Jabodetabek maupun luar Jabodetabek sejak awal 1990.

“Kerjasama yang telah terjalin selama ini, serta reputasi grup Ciputra sebagai salah satu pengembang ternama di Tanah Air, menjadi pertimbangan CIMB Niaga dalam kerjasama pemberian fasilitas KPA untuk calon pembeli Raffles Residences Jakarta,” kata Tony.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper