Ciputra Way: Semakin Hari Semakin Bulat dan Kuat

Bisnis.com, JAKARTA - Motivasi adalah modal lain yang sangat penting untuk menjadi entrepreneur. Itu menjadi pemicu dan menjadikan dorongan bagi setiap orang untuk maju.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 02 Oktober 2013  |  16:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Motivasi adalah modal lain yang sangat penting untuk menjadi entrepreneur. Itu menjadi pemicu dan menjadikan dorongan bagi setiap orang untuk maju.

Motivasi itu, harus dipupuk sebaiknya sejak dini dari lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga adalah pilar yang penting untuk membangun motivasi menjadi entrepreneur. Dengan sendirinya, nilai-nilai bagaimana berbisnis dengan baik, sengaja atau tidak sengaja telah diajarkan sejak dini di lingkungan keluarga.

Karena itu, saya berpendapat sangat baik jika sejak masih kecil kita mengajarkan anak-anak kita mengenali bisnis, mengenali pekerjaan kita. Dulu setiap hari libur saya selalu membawa anak-anak meninjau proyek, termasuk proyek di Ancol. Dan saya menceritakan rincian proyek itu kepada mereka.

Pesan itu menekankan memiliki motivasi bagi seorang entrepreneur adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar. Harus punya. Motivasi itu seperti banyak dikatakan orang atau para ahli adalah faktor pendorong yang berasal dari dalam diri manusia, yang akan mempengaruhi cara bertindak seseorang.  Dengan demikian, motivasi kerja akan berpengaruh terhadap prestasi pekerja.

Bisa juga meminjam definisi motivasi milik Mitchell, T. R. Research in Organizational Behavior. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intesitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Atau mengacu kepada  teori Mc. Donald bahwa motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

Kebulatan hati tidak datang secara tiba-tiba, melainkan bertahap. Semakin hari semakin bulat dan kuat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ciputra, ciputra way

Sumber : ciputraentrepreneurship.com

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top