Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Jangan Pernah Menyuap

Seorang entrepreneur sejati harus mempunyai integritas. Karena itu, tidak diharamkan melakukan suap atau menyuap.

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya untuk memperkuat usaha, bagi para entrepreneur baru, banyak cara yang bisa dilakukan seperti yang pernah dilakukan oleh sejumlah pengusaha besar di Tanah Air kita ini.

 Jika sebelumnya, salah satu cara yang paling efektif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal adalah mengajak kerja sama dengan pihak pemilik modal, kini soal yang lain. Tentu –ini terkait dengan modal -- dalam upaya untuk memperbsar usaha.

 Mengajukan proposal ke bank juga pernah disarankan untuk dilakukan selali kerja sama atau istilah yang sedang trend saat ini, melakukan kemitraan. Sebab, banyak pihak yang memiliki modal, tetapi tidak tahu mau diapakan uang yang 'segunung' ini.

Salah satunya mungkin seperti dikatakan Warren Buffet, menabung. Atau, memakai kiat dari Ciputra Group,, kalau ada uang bangun lagi aja.

Lantaran, di mata Ciputra, seorang entrepreneur punya kemungkinan bisa menabung, bisa tidak. Sebaiknya, semua cara dilakukan. Jika sudah menabung, misalnya, kalau maish ada sisa, bangun lagi.

Namun, yang pasti, untuk membesarkan usaha, satu hal yang diharamkan kepada entrepreneur adalah menjawab boleh menyuap untuk mendapat proyek? Atau biar dapat order. Jawabannya, oleh Ciputra, tidak bisa menyuap. Itu tidak punya integritas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper