Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Mulai Bisnis Online? Jawab Dulu 4 Pertanyaan Berikut Ini

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, teknik digital marketing menjadi alternatif untuk meningkatkan pemasaran produk. Jika satu dekade lalu pelaku usaha masih fokus memasarkan produk melalui toko konvensional, saat ini mereka berbondong-bondong membuka toko online. Tujuannya jelas untuk merambah lebih banyak konsumen.
Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh pelaku usaha yang ingin berbisnis online. /bisnis.com
Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh pelaku usaha yang ingin berbisnis online. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan perkembangan teknologi internet, teknik digital marketing menjadi alternatif untuk meningkatkan pemasaran produk. Jika satu dekade lalu pelaku usaha masih fokus memasarkan produk melalui toko konvensional, saat ini mereka berbondong-bondong membuka toko online. Tujuannya jelas untuk merambah lebih banyak konsumen.

Selain teknologi internet, kehadiran beraneka macam situs jejaring sosial dan forum-forum dunia maya ternyata ikut membentuk tren pemasaran daring. Pelaku usaha mempergunakan Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, bahkan forum seperti Kaskus untuk mempromosikan sekaligus menjual produk-produk mereka.

Denny Santoso, Pakar Teknik Pemasaran Digital mengatakan pelaku usaha memanfaatkan media sosial untuk memperluas pasar dan memotong biaya promosi atau iklan. “Asal bisa menggunakannya dengan tepat, media sosial bisa menjadi solusi bisnis yang efektif,” kata pemilik website www.duniafitnes.com tersebut. 

Namun demikian, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh pelaku usaha yang ingin berbisnis online. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menjadi acuan agar pebisnis bisa tahu seberapa efektif langkah yang telah mereka ambil. Tertarik buka toko online? Jawab dulu keempat pertanyaan berikut ini.

  1. Siapa target pasar Anda?

Pertanyaan ini merupakan elemen dasar dalam teknik marketing. Apabila Anda ingin mempromosikan produk via online, pastikan konsumen Anda merupakan orang-orang yang aktif  dan familier dengan seluk-beluk dunia maya dan sosial media. Salah satu contohnya adalah kalangan konsumen di usia produktif (16-35 tahun).

2. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen di dunia maya?

Poin penting sebelum menjual produk adalah mengedukasi konsumen. Hal ini sering kali dilupakan oleh pelaku usaha. Tanpa edukasi, konsumen tidak akan tahu keunggulan atau nilai positif dari produk yang Anda jual. Oleh karenanya, berikan informasi seputar produk kepada mereka. Anda bisa memanfaatkan blog atau berbagi kepada followers Anda di media sosial .

3. Hal apa saja yang akan Anda lakukan?

Bisnis tak pernah lepas dari strategi pemasaran, termasuk bisnis di dunia maya. Agar target Anda tercapai, buatlah visi yang jelas serta misi untuk mewujudkannya. Misalnya, jika Anda ingin akun Twitter dan Facebook senantiasa aktif , buat jadwal untuk posting tweet, artikel, atau foto setiap hari. Jangan lupa membalas dan menjawab pertanyaan yang muncul dari followers Anda.

4. Bagaimana Anda mengukur sukses atau tidaknya usaha Anda?

Salah satu kelebihan teknik pemasaran digital adalah hasil yang bisa diukur. Manfaat dari mengukur adalah Anda tahu apakah strategi yang telah dijalankan sudah memenuhi tujuan atau belum. Saat ini ada beragam alat ukur perkembangan situs dan media sosial. Cari dan pelajari tools tersebut agar Anda bisa memanfaatkan fungsi media sosial secara maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper