Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Tips Jadi Pengusaha Sukses Mike Bloomberg

Anda ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses? Meskipun kini belum memiliki apa-apa, jangan takut untuk memulai. Jangan pernah takut dengan kegagalan. Hal itulah yang dilakukan oleh Mike Mikebloomberg, mantan Walikota New York.
Mike Bloomberg/Reuters
Mike Bloomberg/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Anda ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses? Meskipun kini belum memiliki apa-apa, jangan takut untuk memulai. Jangan pernah takut dengan kegagalan. Hal itulah yang dilakukan oleh Mike Mikebloomberg, mantan Walikota New York.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi seorang pengusaha sukses berdasarkan pengalaman Mike Bloomberg dalam membangun perusahaan dari bawah hingga ke atas, memimpin New York City sebagai walikota , dan mendirikan sebuah organisasi filantropi .

1 . Mengambil risiko.

Hidup ini terlalu singkat untuk menghabiskan waktu Anda menghindari kegagalan
Pada  1981 , pada usia 39, saya dipecat dari satu-satunya pekerjaan penuh-waktu yang pernah saya miliki - pekerjaan yang saya cintai.

Tapi aku tidak pernah membiarkan diriku melihat ke belakang , dan keesokan harinya saya mengambil risiko besar dan memulai perusahaan saya sendiri berdasarkan ide terbukti bahwa hampir semua orang berpikir akan gagal : membuat informasi keuangan yang tersedia untuk orang-orang, tepat di desktop mereka . Ingat , ini sebelum orang memiliki desktop .

Pada 2001, ketika saya sedang berdebat apakah akan mencalonkan diri sebagai walikota , kebanyakan orang menyarankan saya terhadap hal itu. Mereka semua takut saya akan gagal. Tapi satu orang berkata : " Jika Anda dapat membayangkan diri Anda memberikan pidato konsesi, maka mengapa tidak pergi untuk itu? "Itu adalah saran terbaik yang saya terima - dan aku mengikutinya .

Agar berhasil , Anda harus terlebih dahulu bersedia untuk gagal - dan Anda harus memiliki keberanian untuk tetap pergi untuk itu .

2 . Membuat keberuntungan Anda sendiri .

Keberuntungan memainkan peran dalam keberhasilan , tapi semakin keras Anda bekerja , semakin mujur Anda dapatkan.

Apa pun yang Anda pilih untuk melakukannya, bahkan jika itu bukan pekerjaan impian Anda , selalu bekerja keras untuk hal itu. Jadilah orang pertama di tempat kerja di pagi hari dan yang terakhir untuk meninggalkan pada  malam hari. Kerja keras menciptakan peluang di mana resume Anda tidak bisa.

3 . Jadilah gigih .

Kegigihan benar-benar melunasi .
Ketika memulai perusahaan saya, saya akan pergi ke pusat kota dan membeli cangkir kopi. Lalu aku akan mengambil kopi untuk Merrill Lynch - target kami - dan berjalan di lorong.

" Hai, " saya akan mengatakan. " Saya Mike Bloomberg dan Aku membawakan secangkir kopi . Dapatkah saya berbicara dengan Anda ? "

Bahkan jika orang bertanya-tanya siapa aku atau dari mana saya berasal, mereka masih mengambil kopi .

Dan aku terus datang kembali , hari demi hari , bekerja untuk membangun hubungan dengan pelanggan potensial. Aku belajar dar audience untuk produk kami dan apa mereka benar-benar bisa digunakan.

Tiga tahun setelah memulai Bloomberg LP, Merrill Lynch membeli 20 terminal dan menjadi pelanggan pertama kami.

4 . Jangan pernah berhenti belajar .

Kata yang paling kuat dalam bahasa Inggris adalah "Mengapa . " Tidak ada yang begitu kuat dan  terbuka , bertanya dalam pikiran . Apapun bidang yang Anda pilih untuk memulai sebuah bisnis - jadilah mahasiswa seumur hidup.

Dunia ini penuh dengan orang-orang yang telah berhenti belajar dan  berpikir mereka punya semuanya tahu. Kau tidak diragukan lagi sudah bertemu dengan beberapa dari mereka - dan Anda akan bertemu banyak lagi.

Kata favorit mereka adalah "Tidak " Mereka akan memberikan sejuta alasan mengapa sesuatu tidak dapat dilakukan atau tidak boleh dilakukan .

Jangan mendengarkan mereka , jangan terhalang oleh mereka , dan jangan menjadi salah satu dari mereka. Jangan jika Anda ingin memenuhi potensi Anda - Kecuali jika Anda tidak ingin mengubah dunia menjadi lebih baik .

5 . Berikan kembali.

Anda bertanggung jawab untuk keberhasilan dan kegagalan, tetapi Anda hanya berhasil jika Anda berbagi hadiah dengan orang lain .

Pada hari terakhir, tanyakan pada diri sendiri : "Apakah saya membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain ? "

Sumbangan amal pertama saya adalah cek US$5  untuk almamater saya, Johns Hopkins  tidak lama setelah saya lulus. Saat itu, aku hanya menggores, tapi aku terus memberikan. Anda tidak perlu menjadi kaya untuk memberikan kembali . Anda dapat memberikan kembali dengan terlibat,  memberikan waktu dan bakat. Anda hanya harus berkomitmen untuk membuka pintu bagi orang lain .


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : http://www.linkedin.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper