Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Bisnis bidang Wedding Mulai Dilirik

Para pelaku bisnis terus mencari peluang usaha baru terkait pernikahan, mereka kemudian memulai usahanya di tengah persaingan yang masih minim.
 Ilustrasi./
Ilustrasi./

Bisnis.com, JAKARTA--Para pelaku bisnis terus mencari peluang usaha baru terkait pernikahan, mereka kemudian memulai usahanya di tengah persaingan yang masih minim.

Salah satu pengusaha yaitu Hendra Phua mengembangkan bisnis pengeringan bunga bouquet agar dapat disimpan lebih lama oleh pasangan pengantin. Bunga bouquet adalah bunga yang biasanya dipegang mempelai wanita saat acara pernikahan.

"Bisa dijadikan kenang-kenangan," katanya kepada Bisnis.

Bunga bouquet yang telah dikeringkan dimasukan ke dalam bingkai. Menurut Hendra, dia juga bisa menata bunga bersama kartu undangan dan souvenir dalam satu bingkai sehingga menjadi kenang-kenangan yang lebih lengkap untuk pasangan pengantin.

Dia mengatakan peluang bisnis di bidang pernikahan sangat menjanjikan karena setiap pasangan menganggap pernikahan adalah momen terindah. Khusus bisnis pengeringan bunga bouquet menurutnya belum terlalu banyak pesaing.

"Pemainnya sangat sedikit di Indonesia, butuh ketelitian dan kesabaran," katanya.

Untuk mempromosikan jasanya, Hendra memanfaatkan media sosial serta rajin mengikuti pameran. Dia menawarkan tarif mulai dari Rp2juta untuk jasanya.

Selain untuk momen pernikahan, bisnis yang diberi nama Magnolia Dried Flowers tersebut juga menawarkan jasa pengeringan bunga Valentine serta bunga pemakaman. 

Sementara itu, merek pakaian anak-anak Bubble Girl mulai menyasar peluang bisnis terkait pernikahan. 

Jurica Warman,  Pemimpin Perusahaan PT Trigaya, mengatakan perusahaannya mengeluarkan merek Flower by Bubble Girl yang khusus menciptakan pakaian pengiring pengantin untuk anak-anak.

"Pakaian pengiring pengantin untuk anak-anak ini baru kita keluarkan April 2015," katanya.

Dia mengatakan Trigaya mulai menggarap bisnis tersebut  karena banyaknya permintaan dari konsumen. 

Saat ini, jumlah pihak yang menjual pakaian jenis itu pun masih sedikit. "Saya rasa lebih banyak yang menyewakan," katanya.

Bisnis terkait pernikahan yang sudah umum yaitu katering, pembuatan undangan, rias pengantin sekaligus persewaan gaun pengantin, dokumentasi, atau dekorasi. Setiap pasangan yang akan menikah biasanya siap mengeluarkan biaya yang tak sedikit, karena itulah pelaku bisnis juga percaya diri memasuki jenis bisnis baru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper