Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Donasi 6.000 Kacamata di Daerah Perbatasan

PT Astra International Tbk menyerahkan donasi sebanyak 6.000 buah untuk anak-anak di daerah perbatasan Indonesia dengan beberapa negara lain yakni di Kabupaten Rote Ndao NTT, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dan Kabupaten Talaud Sulut masing-masing 2.000 unit.

Bisnis.com, JAKARTA - PT.Astra International Tbk menyerahkan donasi sebanyak 6.000 buah untuk anak-anak di daerah perbatasan Indonesia dengan beberapa negara lain yakni di Kabupaten Rote Ndao NTT, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dan Kabupaten Talaud Sulut masing-masing 2.000 unit.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyaksikan langsung penyerahan donasi tersebut di SD Inpres 01 Ba’a, Kab.Rote Ndao NTT, Senin (28/11/2016).

Penyerahan donasi itu merupakan salah satu rangkaian dari program GenerAKSI Sehat Indonesia (GSI). Dengan penyerahan di tiga wilayah daerah perbatasan tersebut, sudah 15.000 kacamata sejak tahun 2014 ketika program GenerAksi Sehat Indonesia dimulai.

Kabupaten Rote Ndao, kabupaten dengan pulau paling selatan di Indonesia, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Astra. Kegiatan yang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) ini dilaksanakan di SD Inpres 01 Ba’a.

Menkes Nila Moeloek mengatakan kebutaan merupakan salah satu masalah di kawasan Indonesia Timur karena paparan sinar ultraviolet yang lebih banyak.

Penyebab kebutaan juga karena kurangnya kacamata, sehingga anak yang pandai pun akan terganggu karena tidak bisa melihat dengan jelas dikarenakan tidak adanya kacamata.

"Selain itu, di Rote juga tidak ada optik, padahal melalui BPJS bisa membantu untuk mendapatkan kacamata. Karena itu bantuan dari Astra semoga dapat membantu anak-anak Rote untuk menjadi lebih cerdas," ujarnya.

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas berharap melalui program ini akan semakin banyak masyarakat yang melakukan aksi sehat, sehingga semakin banyak anak-anak di wilayah perbatasan yang dapat melihat lebih jelas lagi untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Pada tahun 2014-2015, sebanyak 9.048 kacamata telah didonasikan ke lima wilayah perbatasan dan terluar Indonesia yakni  Sabang Aceh, Entikong Kalimantan Barat, Nunukan Kalimantan Utara, Atambua Nusa Tenggara Timur, Merauke Papua," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper