Susah Mengingat Nama Seseorang? Coba Cara Ini

Hal pertama yang dilakukan ketika anda bertemu orang asing adalah saling memperkenalkan diri. Tapi, apakah nama tersebut akan bertahan lama dalam memori anda?
Renat Sofie Andriani | 18 September 2017 12:27 WIB
Ilustrasi - Youtube

Kabar24.com, JAKARTA - Hal pertama yang dilakukan ketika anda bertemu orang asing adalah saling memperkenalkan diri. Tapi, apakah nama tersebut akan bertahan lama dalam memori anda?

Bisa jadi anda lebih suka ditanyai  mengenai rupa seseorang dibandingkan dengan harus mengingat nama seseorang yang baru anda temui.

Ternyata hal ini tidak serta merta menunjukkan turunnya daya ingat dan performa memori anda. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa nama orang memang berada di antara cakupan kata paling sulit untuk diingat.

Dilansir dari laman Business Insider, Senin (18/9/2017), dalam studi lain para responden diberikan sebuah biografi tokoh dan harus menjelaskan detail spesifik tentang apa yang telah mereka baca.

Dari studi tersebut sekitar 69% responden mengingat perihal pekerjaan, 68% mengingat hobi, dan 62% untuk daerah asal. Sementara itu, hanya 31% yang berhasil menyebutkan nama depan dan 30% yang ingat nama keluarga.

Teori paling umum dalam penelitian psikologi adalah bahwa pada dasarnya nama tidak memiliki arti. Sebuah nama hanya memberi sedikit bahkan nol detail tentang siapa anda, seperti apa penampilan anda, atau apa profesi anda.

Nama unik yang terkait dengan profesi mungkin akan lebih mudah diingat karena sangat melekat pada tampilan maupun profesi. Tapi untuk kasus yang sama, memiliki nama umum seperti 'Dewi' atau 'Budi' bisa jadi lebih sulit untuk diingat.

Pada kenyataannya, hampir jarang atau akan cukup mengagetkan bila kita bertemu seseorang memiliki nama yang terkait dengan profesi atau aspek kepribadiannya, seperti seorang ahli meteorologi bernama Tomi Badai.

Nama panggilan juga jauh lebih mudah diingat, karena seringkali ada semacam asosiasi langsung yang dibuat antara julukan dan orang tersebut.

Jadi lain kali anda bertemu seseorang yang baru, cobalah buat koneksi dalam pikiran anda antara nama mereka dan penampilan mereka atau detail lain tentang mereka. Anda bisa juga menanyakan lagi nama mereka, kalau tidak merasa sungkan.

Sekadar mengingatkan saja, dalam dunia bisnis dan profesional pada umumnya, nama memiliki arti yang sangat penting. Anda yang mampu mengingat nama orang baru sekalipun pastinya dilihat memiliki nilai plus. You never know who you are going to meet, bisa jadi dia adalah prospek anda di masa mendatang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips bisnis

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top