Stedman Graham: Seorang Pengusaha, Penulis, Hingga Motivator

Stedman Graham merupakan seorang penulis, motivator, pendidik, dan pengusaha asal Amerika Seriakt yang sangat sukses. Namun, ia mungkin paling dikenal sebagai teman hidup dari tokoh media terkenal, Oprah Winfrey.
Aprianto Cahyo Nugroho | 25 April 2018 11:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Stedman Graham merupakan seorang penulis, motivator, pendidik, dan pengusaha asal Amerika Seriakt yang sangat sukses. Namun, ia mungkin paling dikenal sebagai teman hidup dari tokoh media terkenal, Oprah Winfrey.

Dalam perjalanan karirnya, Stedman telah melakukan banyak hal dengan sukses. Selain menjadi pengusaha dan penulis, Graham juga aktif berpartisipasi dalam usaha sosial dan nirlaba yang memengaruhi kehidupan orang dengan cara yang positif.

Seperti dilansir The Famous People, Stedman merupakan pendiri dua organisasi nirlaba yang sangat sukses, yang telah berjalan selama lebih dari tiga puluh tahun dan telah membantu banyak orang yang membutuhkan. Dia juga seorang motivator pada perusahaan-perusahaan besar dan institusi pendidikan.

Masa kecil

Stedman Graham, Jr. adalah putra Mary Jacobs Graham dan Stedman Graham. Ia dilahirkan di Middle Township, New Jersey pada 6 Maret 1951, dan merupakan anak tertua dari lima saudara.

Masa awal pendidikannya diisii di sekolah lokal di New Jersey sebelum masuk ke Universitas Hardin-Simmons di Texas dan memperoleh gelar sarjana pada tahun 1974. Setelah lulus, Dia melanjutkan untuk meraih gelar Pascasarjana di bidang pendidikan di Ball State University di Indiana pada tahun 1979.

Karier & Aktivitas Sosial

Stedman memulai karirnya setelah mendapatkan gelar masternya dari Ball State University. Dia pindah dari Indiana ke North Carolina dan mengejar karir di Hubungan Masyarakat dan segera mendapat pekerjaan di B&C Associates. Ketulusan dan kerja kerasnya tidak luput dari perhatian dan di awal karirnya dia bekerja dengan orang-orang seperti Maya Angelou dan Winnie Mandela, yang akhirnya menjadi ketua Liga Wanita Kongres Nasional Afrika.

Pada 1985, Graham mendirikan Athletes Against Drugs (AAD), organisasi nirlaba yang berorientasi pemuda di Chicago, Illinois. Sejak awal berdirinya, AAD telah membantu ribuan anak muda dan telah menumbangkan lebih dari US$1,5 juta dalam bentuk beasiswa. Salah satu tujuan utama AAD, selain memberikan beasiswa kepada mereka yang membutuhkan, adalah menyebarkan kesadaran tentang, dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda.

Tiga tahun setelah mendirikan AAD, Graham mendirikan S.Graham & Associates pada tahun 1988. Perusahaan yang berbasis Chicago, Illinois, ini merupakan perusahaan manajemen dan konsultan yang bergerak dalam pemasaran pendidikan dan perusahaan. Graham menjabat sebagai CEO perusahaan hingga saat ini.

Graham juga mendirikan My Life Is About Foundation pada tahun 2008. Yayasan nirlaba ini membantu remaja dan orang dewasa muda untuk mencapai potensi tertinggi yang mereka mampu.

Seorang Penulis dan Pendidik

Selain mendirikan organisasi nirlaba, Graham juga merupakan penulis buku. Sebagian buku-bukunya merupakan buku motivasi yang telah membantu jutaan orang mengatasi rintangan utama dalam hidup. Dia juga menulis buku-buku wirausaha yang membahas isu-isu kunci dalam membangun dan mempertahankan bisnis.

Di antara karyanya yang terkenal antara lain: The Ultimate Guide to Sport Event Management dan Marketing (1995), You can Make It Happen: A Nine Step Plan for Success (1997) Teens Can Make It Happen: Nine Steps for Success (2000), Teens Can Make It Happen Workbook (2001), The Ultimate Guide to Sports Marketing (2001), Build Your Own Life Brand!: A Powerful Strategy to Maximize Your Potential and Enhance Your Value for Ultimate Achievement (2002), Move Without the Ball: Put Your Skills and Your Magic to Work for You (2004), Who Are You? (2005), Diversity: Leaders Not Labels: A New Plan for the 21st Century (2006), dan Identity: Your Passport to Success (2012).

Graham juga sangat aktif di bidang pendidikan. Dia menjadi profesor di beberapa universitas ternama AS, termasuk University of Illinois, Chicago di mana dia mengajar kelas kepemimpinan, dan Universitas Northwestern di mana dia mengajar kelas manajemen.

Dia juga seorang motivator dan telah menyampaikan banyak ceramah di seluruh dunia. Fokus utamanya adalah pada pengembangan pribadi, kualitas kepemimpinan dan identitas pribadi. Saat ini, selain menjadi CEO S.Graham & Associates, ia menjadi profesor di Full Sail University.

Kehidupan Pribadi

Graham menikah dengan Glenda Graham pada tahun 1974 dan memiliki seorang putri, Wendy Graham. Wendy lahir tak lama setelah pernikahan mereka, pada tahun 1975. Namun, pernikahan keduanya tak berlangsung lama.

Setelah bercerai, Graham mulai dekat dengan pembawa acara TV, Robin Robinson, pada tahun 1982 selama tiga tahun. Mereka terlihat bersama di mana-mana dan menjadi perbincangan banyak orang. Namun, hubungan ini tidak berlangsung lama dan mereka berpisah pada 1985.

Graham mungkin paling terkenal karena hubungannya Oprah Winfrey. Graham mulai berhubungan dengannya pada tahun 1986 hingga saat ini. Selama lebih dari 30 tahun, Oprah dan Graham telah hidup bersama tanpa benar-benar menikah. Ketika ditanya tentang hubungannya, Graham mengatakan bahwa dia percaya pada 'persatuan spiritual' mereka, yang tidak memerlukan validasi pernikahan.

Tag : tokoh dunia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top