Tips Percaya Diri dan Meyakinkan Saat Melamar Kerja

Untuk Anda yang baru akan bekerja atau fresh graduate di perusahaan yang diinginkan, pasti harus melalui proses recruitment terlebih dulu, di mana pada proses ini kemampuan akan diuji, apakah layak menjadi karyawan mereka atau tidak.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 01 Mei 2018 06:28 WIB
Ilustrasi - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA—Untuk Anda yang baru akan bekerja atau fresh graduate di perusahaan yang diinginkan, pasti harus melalui proses recruitment terlebih dulu, di mana pada proses ini kemampuan akan diuji, apakah layak menjadi karyawan mereka atau tidak.

Untuk Anda yang sedang bersiap menghadapi proses recruitment, ini adalah tips yang tepat dan meyakinkan perusahaan agar diterima untuk bekerja;

“Pertama, ini yang paling dasar, jangan telat, alasan macet dan segala macam kan biasanya orang Indonesia suka lakukan ya, kesan pertama sangat penting, terus cara kamu berpakaian usahakan sesuai dengan perusahaannya, misalnya kalau interview untuk [perusahaan] start up tidak perlu pakai jas, mungkin pakai jeans, tapi tetap rapi, kalau misalnya interview di bank yang lebih rapi,” ungkap Imeiniar Chandra, Manager Digital & Technologi Michael Page Indonesia kepada Bisnis, di Kantor Michael Page Indonesia, SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Lakukan riset. Jangan sampai Anda tidak tahu sama sekali tentang profil perusahaan yang Anda lamar.

“Kan suka ditanya, ‘tahu apa tentang perusahaan?’ dan semisal tidak tahu apa-apa, berarti kan tidak persiapan [asal melamar saja], dan kalau menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh recruiter biasanya menjawab dengan jelas dan terstruktur,” tambahnya.

Imeiniar juga menegaskan pentingnya curriculum vitae (CV) yang jujur. Jangan sampai Anda justru tidak tahu apa yang Anda tulis di dalam CV Anda.

“Penting kejujuran dalam CV itu karena itu menunjukkan kejujuran Anda, contohnya Anda fresh graduate, terus dalam CV ditulis kemampuan bahasa A,B,C namun kenyataan pas kerja kemampuan bahasa tidak sesuai, ketahuan kan bohongnya, terus misalnya pernah kerja setahun, tetapi tidak anda cantumkan ke dalam CV, sebaiknya dicantumkan, karena apabila suatu saat Recruiter tahu dari orang lain justru akan menimbulkan prasangka yang tidak baik nantinya dan sebagainya,” kata Imei.

Terakhir, untuk persoalan Gaji, jangan sampai menanyakan besar gaji yang akan diberikan kepada, biarlah pihak perusahaan yang terlebih dulu menawarkan dan menanyakan masalah gaji.

Tag : Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top