Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fintech Dan E-commerce Booming, Gaji Tenaga Professional Teknologi Naik

Michael Page Indonesia mengindikasikan kenaikan gaji bagi tenaga kerja profesional teknologi yang berpindah tempat kerja naik rata-rata sebesar 20-35%. Hal ini didorong oleh kuatnya gelombang start-up digital, Fintech, dan bisnis e-commerce di Indonesia yang semakin menguat beberapa tahun terakhir.
Ilustrasi/Hrinasia
Ilustrasi/Hrinasia

Bisnis.com, JAKARTA-Michael Page Indonesia mengindikasikan kenaikan gaji bagi tenaga kerja profesional teknologi yang berpindah tempat kerja naik rata-rata sebesar 20-35%. Hal ini didorong oleh kuatnya gelombang start-up digital, Fintech, dan bisnis e-commerce di Indonesia yang semakin menguat beberapa tahun terakhir.

Contohnya saja, pada data Indonesia Salary Benchmark 2018 yang dirilis oleh Michael Page, pendapatan rata-rata Manajer e-commerce sebesar Rp488 juta dalam setahun dengan minimal gaji sebesar Rp325 juta setahun.

Calon tenaga kerja di bidang teknologi yang mendapatkan permintaan tinggi yang diperkirakan akan terus berlanjut pada 2018 adalah untuk klasifikasi posisi kepala departemen IT, manajer sekuritas IT, dan tenaga ahli rekayasa perangkat lunak, khususnya pada jenjang manajer ke atas.

“Calon tenaga kerja yang berpengalaman dalam bidang IT keamanan dan risiko IT juga sangat dicari, juga mereka yang mempunyai keterampilan juga pengetahuan kewirausahaan dan pengalaman global,” ungkap Imeiniar Chandra, Manager Digital & Technologi Michael Page Indonesia kepada Bisnis, di Kantor Michael Page Indonesia, SCBD Sudirman, Jakarta.

Diakui Imei, supply teknisi teknologi di Indonesia memang tidak terlalu banyak, sehingga salah satu solusi adalah memanggil orang-orang Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk kembali pulang dan bekerja di Indonesia.

Selain itu, Imei sekarang sudah banyak universitas-universitas di Indonesia yang lebih mengedukasi mahasiswanya dengan mengadakan program-program pelatihan IT dan juga perusahaan-perusahaan Indonesia turut memberikan pelatihan IT baik kepada pekerjanya.

“Jadi sebenarnya pemerintah kita sudah ‘doing something’ yang juga dilakukan banyak perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memberikan training kepada [Sumber Daya Manusia] SDM-nya supaya tidak kalah dengan orang luar, apalagi perkembangan tekonologi kan pergeserannya cepat sekali, jadi memang SDM kita harus mau banyak belajar,” tukas Imei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper