Alphabet Pertahankan Predikat Perusahaan dengan Lingkungan Kerja Terbaik di Dunia

Setiap tahun, Forbes merilis daftar perusahaan yang dinilai memiliki lingkungan kerja terbaik dari seluruh dunia. Tahun ini, perusahaan teknologi Alphabet kembali memuncaki daftar tersebut.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 24 Oktober 2018  |  10:58 WIB
Alphabet Pertahankan Predikat Perusahaan dengan Lingkungan Kerja Terbaik di Dunia
Logo Google terlihat di luar kantor perusahaan teknologi tersebut di Beijing, China, Rabu (8/8). - Reuters/Thomas Peter

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap tahun, Forbes merilis daftar perusahaan yang dinilai memiliki lingkungan kerja terbaik dari seluruh dunia. Tahun ini, perusahaan teknologi Alphabet kembali memuncaki daftar tersebut.

Forbes menyatakan "Global 2000 List of the World’s Best Employers" itu menggunakan data yang dianalisis oleh Statista, perusahaan riset dan statistik global. Daftar ini dirilis pada Rabu (10/10/2018).

Para karyawan dimintai menilai perusahaan di mana mereka bekerja dan apakah mereka akan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada teman atau keluarganya. Mereka juga diminta merekomendasikan perusahaan lain yang dipandang memiliki rekam jejak dan lingkungan kerja yang bagus.

Riset ini menerima rekomendasi sebanyak 430.000 perusahaan dari seluruh dunia. Survei tersebut menekankan pada apakah perusahaan tersebut memiliki lingkungan kerja yang ramah dan sebesar besar keberagaman para pegawai di perusahaan itu.

Alphabet, induk usaha Google, pun kembali menjadi perusahaan yang mendapat nilai sempurna di mata pegawainya. Dengan lebih dari 80.000 karyawan di seluruh dunia, perempuan mendapat porsi 25,5% dari seluruh kursi pemimpin di perusahaan itu.

Perusahaan teknologi ini juga terus mencatatkan kenaikan karyawan berdarah Latin dan berkulit hitam. Tahun lalu, Alphabet juga berada di posisi pertama.

Sesama perusahaan teknologi, Microsoft, berada di ranking kedua. Pada 2017, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini juga ada di peringkat yang sama.

Tidak hanya memiliki lingkungan kerja yang kondusif dan mendukung keberagaman, kinerja kedua perusahaan ini pun luar biasa. Pada 2017, Alphabet mencatatkan penjualan sebesar US$117,9 miliar dan laba bersih US$16,6 miliar.

Adapun Microsoft membukukan penjualan senilai US$103,3 miliar dan profit US$14,2 miliar.

Dari 500 perusahaan yang masuk daftar, 185 di antaranya adalah perusahaan AS. Sementara itu, China dan Hong Kong menyumbang 80 perusahaan.  

Dari Asia Tenggara, Kasikornbank asal Thailand menjadi perusahaan satu-satunya yang masuk 10 besar. Adapun PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tercatat sebagai perusahaan Indonesia dengan peringkat tertinggi di daftar itu, yakni di posisi sebelas.

Berikut 10 perusahaan teratas dalam "Global 2000 List of the World’s Best Employers", seperti dikutip Bisnis, Rabu (24/10):

1. Alphabet (AS), perusahaan teknologi

2. Microsoft (AS), perusahaan teknologi

3. Apple (AS), perusahaan teknologi

4. Walt Disney (AS), perusahaan hiburan dan penyiaran

5. Amazon.com (AS), e-commerce

6. CNOOC (Hong Kong), perusahaan migas

7. Daimler (Jerman), perusahaan otomotif

8. Kasikornbank (Thailand), perbankan

9. Celgene (AS), perusahaan bioteknologi

10. BMW Group (Jerman), perusahaan otomotif

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
forbes, perusahaan terbaik versi forbes

Sumber : Forbes

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top