William Tanuwijaya Buka-Bukaan Pemegang Kendali di Tokopedia

Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya berbagi cerita mengenai pemegang kendali perusahaan usai mendapat kucuran dana US$1,1 miliar dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group.
N. Nuriman Jayabuana
N. Nuriman Jayabuana - Bisnis.com 14 Desember 2018  |  08:24 WIB
William Tanuwijaya Buka-Bukaan Pemegang Kendali di Tokopedia
Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya memberikan paparan saat berkunjung ke Wisma Bisnis Indonesia, di Jakarta, Senin (4/6/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya berbagi cerita mengenai pemegang kendali perusahaan usai mendapat kucuran dana US$1,1 miliar dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group.

Dia  mengungkapkan pendanaan itu memang meningkatkan porsi kepemilikan saham investor yang berpartisipasi. Meski demikian, dirinya memastikan tidak terdapat satu pun investor institusi yang mendominasi porsi kepemilikan Tokopedia.

"Paling besar hanya sampai 20%, tidak ada satu pun pihak investor yang memiliki lebih dari itu. Tidak ada satu pun investor yang memegang kendali penuh, kendali penuh ya tetap berada di pendiri perusahaan," ujarnya kepada Bisnis di Tokopedia Tower, Rabu (12/12).

William mengungkapkan Tokopedia memang didukung oleh sederet pemodal global, termasuk Softbank, Alibaba, dan Sequoia. Dukungan pemodal global disebutnya sangat dibutuhkan perusahaan teknologi dalam negeri untuk dapat menjadi raksasa baru.

"Dalam arti begini, investasi pemodal global sebenarnya juga merupakan suatu bentuk transfer teknologi untuk membangun perusahaan berkelas dunia. Mereka itu adalah pemodal raksasa yang sudah terbukti sukses menghasilkan banyak giant tech yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas," ujarnya.

Investor yang mengucurkan dana kepada Tokopedia disebutnya memberikan berbagai wawasan baru dalam mengembangkan perusahaan. Meski demikian, segala pengambilan keputusan dan strategi Tokopedia tetap berada di dalam kendali penuh para pendiri dan manajemen perusahaan.

"Saya juga bisa memastikan, di Tokopedia juga tidak ada satu pun orang yang merupakan titipan investor," ujarnya.

Tokopedia sebelumnya memperoleh kucuran dana segar senilai US$1,1 miliar yang dipimpin Softbank Vision Fund dan Alibaba Group dalam putaran pendanaan terbaru. Pendanaan itu mengangkat valuasi Tokopedia menjadi perusahaan rintisan teknologi dengan valuasi tertinggi di Indonesia saat ini, yaitu menembus angka US$7 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tokopedia, ecommerce

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top