Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manfaat Menabung dan Punya Dana Darurat di Masa Pandemi

Kesulitan akan makin besar, ketika Anda tidak memiliki tabungan atau simpanan untuk biaya hidup.
Ilustrasi rupiah
Ilustrasi rupiah

Bisnis.com, JAKARTA - Di saat pandemi seperti saat ini, kebutuhan keuangan meningkat. Terutama ketika harga naik, atau bahkan Anda kehilangan pekerjaan karena dirumahkan perusahaan tempat Anda bekerja.

Kesulitan akan makin besar, ketika Anda tidak memiliki tabungan atau simpanan untuk biaya hidup.

Karena itu, dalam merencanakan keuangan, idealnya kamu sebaiknya membuat perencanaan untuk arus uang yang keluar dan masuk, punya asuransi, berinvestasi, punya rencana pensiun, dan rencana warisan.

Khusus untuk pengelolaan keluar masuknya uang, kamu harus mulai memahami bahwa sangat penting untuk mengalokasikan suatu dana khusus yang disebut dana darurat.

Berikut manfaat tabungan dan dana darurat di masa pandemi seperti dikutip dari Allianz.co.id.

Apa, sih dana darurat itu? Sesuai namanya, emergency fund merupakan dana yang sengaja disiapkan untuk mengantisipasi berbagai macam kondisi darurat yang membutuhkan kehadiran dana tunai segera.

Misalnya, ketika mendadak terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), tiba-tiba jatuh sakit dan harus rawat jalan yang belum ter-cover asuransi, juga untuk mengantisipasi keadaaan darurat lain yang tak terduga dalam aktivitas sehari-hari seperti genteng rumah yang mendadak bocor, mobil penyok tertabrak dan lain sebagainya. 

Dengan memiliki dana darurat, kamu tidak perlu tergoda berutang saat membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat. Itulah mengapa peran dana darurat sangat signifikan dalam upaya membangun keuangan sehat. 

Berapa dana darurat yang ideal?

Karena dimaksudkan sebagai dana cadangan, dana darurat memiliki standar nilai ideal agar bisa melakukan fungsinya sebagai financial buffer atau sejumlah dana yang disisihkan dan disimpan untuk menghadapi situasi tak terduga yang dapat menyebabkan kamu kesulitan keuangan.

Bagi kamu yang saat ini masih belum menikah, nilai dana darurat yang ideal minimal sebesar tiga kali pengeluaran rutin bulanan. Jadi, semisal saat ini penghasilan kamu mencapai Rp7 juta per bulan dengan besar pengeluaran rutin bulanan Rp5 juta, maka dana darurat ideal yang perlu kamu miliki adalah Rp15 juta. 

Adapun bila kamu saat ini statusnya sudah menikah, besar dana darurat yang harus kamu miliki jadi lebih besar, yaitu minimal enam kali nominal pengeluaran rutin bulanan. Nilainya harus lebih besar karena ketika sudah menikah berarti jumlah tanggungan kamu jadi bertambah. Begitu juga saat sudah memiliki anak, jumlah dana darurat ideal yang harus kamu miliki menjadi minimal sembilan kali besar pengeluaran rutin bulanan. 

Angka ideal dana darurat yaitu tiga bulan sampai 12 bulan berasal dari asumsi lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mencari pekerjaan baru apabila kondisi kedaruratan yang dialami adalah pemutusan hubungan kerja (PHK).

Jadi, saat seseorang dalam kondisi PHK, dengan adanya dana darurat, pengeluaran rutinnya dapat tetap tertutup kendati pendapatan tengah terhenti. Dana darurat akan menjadi pengganti penghasilan sampai nanti ia mendapatkan pekerjaan dan penghasilan baru.

Maka itu, apabila pengeluaran kamu saat ini dengan status menikah dan memiliki anak mencapai Rp10 juta per bulan, maka dana darurat yang ideal dimiliki adalah Rp90 juta. Bagaimana bila pengeluaran bulanan di atas Rp10 juta?

Berarti nilai dana darurat yang harus disiapkan juga harus lebih besar dari Rp90 juta. Terkejut karena angkanya besar? Mungkin kamu jadi bertanya-tanya, bagaimana caranya mengumpulkan dana sebesar itu sekaligus? 

Berikut tips mengumpulkan dana darurat masih dikutip dari Allianz.co.id

Bangun dana darurat perlahan

Menurut Diana Sandjaja, Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting, membangun dana darurat bisa kamu lakukan langkah demi langkah dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan. "Setiap mendapatkan penghasilan, sisihkan minimal 10% untuk mengisi saldo dana darurat," terang Diana pada Tim Allianz.

Sebagai gambaran, penghasilan rutin kamu saat ini Rp7 juta per bulan, sisihkan minimal Rp700.000 ke rekening dana darurat. Bila kamu belum memiliki tanggungan cicilan utang, nilai yang dapat kamu sisihkan untuk dana darurat bisa lebih besar lagi. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat memenuhi target nominal dana darurat yang ideal.

Contohnya, dengan pendapatan Rp7 juta per bulan, kamu sejauh ini belum memiliki tanggungan cicilan utang apapun. Karena kemana-mana kamu memanfaatkan transportasi publik yang relatif murah dan masih menumpang di rumah orang tua, pengeluaran rutin bulanan kamu tidak pernah lebih dari dari Rp4 juta per bulan. 

Dengan begitu, dana darurat yang harus kamu miliki mencapai Rp12 juta. Kamu bisa membagi pendapatan setiap bulan dengan alokasi Rp4 juta untuk biaya hidup sehari-hari, alokasi dana darurat Rp2,5 juta dan Rp500.000 untuk pengeluaran pribadi yang sifatnya tersier. Dalam 5 bulan, nominal dana darurat yang ideal sudah bisa kamu miliki.

Nah, apakah kita harus menunggu dana darurat ideal lebih dulu baru boleh memiliki asuransi dan berinvestasi? Menurut Diana, miliki setidaknya 30% dari nominal dana darurat kamu yang ideal baru melangkah ke hal lain seperti berinvestasi. Jadi semisal nilai dana darurat kamu yang ideal adalah Rp15 juta, kamu harus memiliki minimal Rp5 juta emergency fund, baru boleh melangkah berinvestasi. 

Setelah itu, jangan berhenti di angka Rp5 juta, tapi teruslah menyisihkan setiap bulan minimal 10% pendapatan sampai dana darurat kamu mencapai angka ideal. Begitu dana darurat kamu sudah ideal, kamu bisa mengalihkannya untuk memperbesar alokasi dana investasi

Sedangkan asuransi, sebaiknya kamu miliki beriringan dengan upaya membangun dana darurat. Ini karena asuransi juga memiliki fungsi proteksi terhadap risiko-risiko finansial yang tidak cukup bila hanya mengandalkan dana darurat. Misalnya, risiko sakit dan harus rawat inap yang bisa menguras banyak dana. Jadi, sebaiknya kamu juga sudah membeli asuransi kesehatan sembari menyisihkan dana darurat secara rutin setiap bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper