Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

9 Hal Penting dalam Menetapkan Target Bisnis

Untuk membantu Anda memulai dengan tujuan bisnis kecil Anda tahun ini, berikut adalah daftar tujuan yang berpotensi mengubah bisnis Anda menjadi lebih baik, menurut The Balance Small Business
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  14:21 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Menentukan target adalah salah satu kegiatan paling penting yang dapat Anda lakukan dalam bisnis kecil Anda, terlepas dari berapa usia bisnis Anda, posisi bisnis, seberapa menguntungkannya, atau apa yang Anda jual.

Target membantu Anda tetap fokus dan dapat mencegah bisnis Anda dari stagnan. Target bisnis membuat Anda terus maju dan menyiapkan jalan untuk kesuksesan yang berkelanjutan.

Untuk membantu Anda memulai dengan tujuan bisnis kecil Anda tahun ini, berikut adalah daftar tujuan yang berpotensi mengubah bisnis Anda menjadi lebih baik, menurut The Balance Small Business

Pilih satu atau dua yang sesuai untuk bisnis kecil Anda, ubah menjadi tujuan SMART (specific, measurable, attainable, relevant and time-based) dan buat rencana realisasi dalam beberapa bulan mendatang.

1. Mengurangi Pengeluaran Bisnis yang Sedang Berlangsung

Ini adalah tujuan yang pas untuk sebagian besar usaha kecil. Lagi pula, pemilik bisnis mana yang tidak ingin mengurangi biaya operasional bisnisnya? Ketika Anda menetapkan target untuk tahun ini, pilih spesifik cara bagaimana Anda akan mengurangi biaya bisnis, seperti menggunakan lebih banyak teknologi, mengurangi hutang, atau mengubah sistem operasional Anda.

2. Pekerjakan Karyawan Pertama Anda

Jika bisnis solo Anda telah mencapai titik di mana Anda tidak dapat terus mempertahankannya sendiri, jadikan tahun ini waktu untuk berkembang dengan mempekerjakan seorang karyawan. Luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan akuntan dan penasihat untuk memastikan Anda mengikuti semua peraturan yang diperlukan, dan untuk mengkonfirmasi bahwa sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mempekerjakan seorang karyawan sebelum bergerak maju.

3. Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Tingkat produktivitas dapat secara langsung memengaruhi standar bisnis, sehingga tidak pernah merupakan ide buruk untuk menetapkan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan produktivitas tim Anda. Anda dapat menjadi lebih produktif dengan menghilangkan gangguan selama hari kerja, meningkatkan cara Anda menggunakan alat bantu bisnis seperti email, dan dengan menggunaan aplikasi produktivitas.

4. Tingkatkan Traffic di Situs Web atau Blog Bisnis Anda

Semakin banyak tarffic situs web yang diterjemahkan menjadi peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan, menjadikan ini target yang bagus untuk bisnis kecil. Ada banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak traffic pada situs web atau blog Anda. Mulailah dengan membuat rencana untuk meningkatkan strategi pemasaran konten. Kemudian, setelah memiliki konten relevan dan menarik yang siap dibagikan di situs web atau blog Anda.

5. Buat Produk Baru

Jika Anda belum mengubah lini produk Anda untuk sementara waktu, salah satu cara untuk memberikan kehidupan baru bagi bisnis Anda adalah dengan menciptakan produk baru. Pertimbangkan umpan balik yang Anda terima dari pelanggan dan perilaku pembelian mereka saat Anda memulai target baru ini. Anda juga dapat mempertimbangkan mengubah cara Anda memasarkan produk yang sudah ada karena kadang-kadang produk baru dapat memberikan spotlight pada produk lama.

6. Mulai Menggunakan Pemasaran Media Sosial dalam Bisnis Anda

Tidak pernah ada kata terlambat untuk menambahkan taktik pemasaran baru dalam bisnis Anda, dan jika Anda resisten terhadap media sosial, ini adalah tahun untuk berubah pikiran. Pelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan media sosial untuk bisnis kecil kemudian pilih platform dan tetapkan targt untuk memasukkannya ke dalam rencana pemasaran Anda tahun ini.

7. Tingkatkan Kesehatan Keuangan Bisnis Anda

Apakah Anda memiliki kendali atas uang yang masuk dan keluar dari bisnis Anda setiap hari? Apakah Anda memiliki anggaran berkelanjutan untuk memandu pengeluaran Anda? Jadikan tahun ini tahun dimana Anda mengelola pengeluaran lebih baik dan meningkatkan kesehatan fiskal bisnis Anda.

8. Tingkatkan Pangsa Pasar Anda

Menguasai sebagian besar pasar adalah komponen utama untuk membuat bisnis Anda lebih kompetitif dan meningkatkan keuntungan. Salah satu cara untuk meningkatkan pangsa pasar adalah dengan melakukan riset pasar.

9. Ubah Rencana Bisnis Anda

Anda mungkin membuat beberapa jenis rencana bisnis ketika memulai bisnis, tetapi kapan terakhir kali Anda mengulasnya? Tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merapikan rencana bisnis, melihat di mana Anda berada, dan membuat rencana baru yang membantu Anda semakin maju dengan bisnis kecil Anda.

10. Jadwalkan Waktu Istirahat dari Bisnis Anda

Tidak hanya waktu istirahat dapat membantu mengurangi stres dan mencegah kelelahan, tetapi juga dapat memberi perspektif segar yang dapat Anda gunakan dalam bisnis ketika Anda kembali. Tentu saja, mengambil waktu istirahat - bahkan yang singkat - dari bisnis seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Pertimbangkan untuk mengambil liburan kerja yang memberi Anda waktu istirahat tanpa sepenuhnya terputus dari kegiatan bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha tips bisnis tips sukses
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top