Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kunci Sukses Membuat Aplikasi Konsumer

Jika Anda membangun perusahaan untuk melayani audiens yang luas dan global, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan konsumen.
Ilustrasi/Stansburylegal
Ilustrasi/Stansburylegal

Bisnis.com, JAKARTA -- Aplikasi bagi konsumen memang hal yang sedang digandrungi terutama pada saat pandemi seperti ini yang mana semua orang bergantung pada aplikasi untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Dikutip dari entrepreneur.com, Sabtu (8/8/2020), Pendiri aplikasi kencan S’More membagikan hal-hal utama yang perlu diketahui pembuat aplikasi untuk menemukan kesuksesan mereka sendiri, dari meningkatkan modal hingga desain produk hingga pemasaran dan membangun tim:

1. Membangun kredibilitas

Setiap orang memiliki ide hebat yang bisa menjadi startup bernilai miliaran dolar. Meskipun seorang pendiri tidak perlu mengetahui setiap aspek dalam membuat aplikasi, (coding, produk, dll.), Dia harus dapat menanamkan kepercayaan pada investor dan talenta untuk memanfaatkannya.

2. Konsep pengujian

Memiliki ide itu bagus, tetapi Anda harus punya rencana. Bicaralah dengan sebanyak mungkin orang, baik itu teman, keluarga, atau pakar industri. Ini murah dan mudah untuk menyiapkan survei online untuk mendapatkan umpan balik dari orang asing tentang konsep Anda (coba survei Google) yang bahkan akan lebih jujur.

Cari tahu apakah ide yang menurut Anda bagus bisa berguna bagi orang lain dan tentukan apakah itu layak untuk bisnis. Coba gunakan aplikasi white label untuk menguji konsep, pendekatan, dan merek Anda.

3. Membangun dan memposisikan merek

Bangun merek, bukan aplikasi utilitas. Putuskan apa yang membuat perusahaan Anda berbeda dan istimewa dari sudut pandang produk dan pemasaran dan pastikan tidak ada orang lain di pasar yang menempati ruang yang sama.

4. Penggalangan dana

Anda harus bergegas dan tidak pernah berhenti! Pikirkan tentang apa yang membuat Anda dan perusahaan Anda berbeda. Tuliskan ciri-ciri tersebut dan kemudian temukan investor yang berinvestasi di bidang tersebut (misalnya negara asal, kelompok etnis, bidang minat, tawas perguruan tinggi). Tingkatkan subscriber LinkedIn Anda. Ini akan menjadi investasi terbaik yang pernah Anda lakukan!

5. Mempekerjakan tim yang tepat

Jika Anda membangun perusahaan untuk melayani audiens yang luas dan global, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan, perspektif, dan pengalaman dari semua jenis orang yang berbeda. Ini lebih dari sekadar praktik bisnis yang bertanggung jawab - ini hanya bisnis yang cerdas. Kita sedang membangun produk global, jadi sangat penting bagi tim kita untuk mencerminkan orang-orang yang menggunakan aplikasi kita.

Kepribadian itu penting! Pastikan Anda mempekerjakan orang yang Anda sukai berjam-jam karena itulah kenyataannya! Jaringan sebanyak yang Anda bisa untuk bertemu semua orang sebanyak mungkin.

Nasihat terbaik yang bisa diberikan kepada calon pengusaha adalah jangan pernah berhenti. Orang-orang akan menanyai Anda dan sering kali membuat Anda menebak-nebak keputusan Anda. Tetap fokus dan kelilingi diri Anda dengan orang yang cerdas dan berbakat yang Anda bisa dan jika ada sesuatu yang tidak Anda ketahui, jadilah cerdik.

Ada banyak sumber daya gratis yang bisa Anda gunakan serta konferensi yang dapat Anda hadiri. Jadi, pergilah dan lakukan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper