Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kylie Jenner Ulang Tahun ke-23, Tengok Caranya Membangun Kekayaan Senilai US$900 Juta

Forbes menyatakan Kylie sebagai self-made miliarder termuda di dunia pada usia 21 tahun, berkat perusahaan makeup-nya, Kylie Cosmetics
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  16:40 WIB
Kylie Jenner - vanityfair.com
Kylie Jenner - vanityfair.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Kylie Jenner, bintang reality show yang kontroversial, baru berusia 23 tahun. Dia kemungkinan besar merayakan ulang tahunnya dengan gaya - tahun lalu dia menyewa superyacht US$200 juta.

Forbes menyatakan Kylie sebagai self-made miliarder termuda di dunia pada usia 21 tahun, berkat perusahaan makeup-nya, Kylie Cosmetics.

Tetapi dalam penyelidikan bulan Mei lalu, Forbes melaporkan bahwa Jenner sebenarnya bukan seorang miliarder.

Majalah tersebut mengatakan bahwa Kylie telah membesar-besarkan ukuran dan profitabilitas bisnisnya serta menyesatkan Forbes dan publikasi lainnya sejak 2016.

Anggota keluarga termuda dari keluarga Jenner ini mendirikan Kylie Cosmetics pada 2015 dan mengklaim telah menghasilkan US$400 juta dalam 18 bulan pertama bisnisnya berdiri, menurut Forbes.

Pada November 2019, Jenner menandatangani kesepakatan untuk menjual saham mayoritas di perusahaan kosmetiknya kepada konglomerat kecantikan Coty Inc. seharga US$600 juta, menjadikan nilai perusahaan itu sebesar US$1,2 miliar.

Tetapi Forbes bersikeras bahwa perusahaan tidak pernah menghasilkan uang sebanyak yang diklaim Kylie, dan juga bahwa bisnisnya telah menderita selama pandemi virus corona.

Terlepas dari status miliardernya yang disengketakan, Kylie berhasul membangun kerajaan kosmetik, membintangi serial televisi bersama keluarganya dalam "Keeping Up with the Kardashians" serta dalam acara spin-off miliknya sendiri "Life of Kylie", memulai lini pakaian dengan saudara perempuannya, dan menghasilkan jutaan dolar berkat promosi produk di Instagram.

Dilansir melalui Business Insider, berikut adalah cara Kylie menghasilkan kekayaan jutaan dolarnya.

Pekerjaan pertama Kylie adalah di acara reality TV "Keeping Up With The Kardashians." Dia berusia sembilan tahun ketika episode pertama ditayangkan dan acara tersebut sekarang menayangkan musim ke-18.

Orang-orang melaporkan pada tahun 2017 bahwa keluarga tersebut secara kolektif menghasilkan sekitar US$30 juta per musim, berdasarkan kontrak terbaru mereka, tetapi tidak jelas berapa penghasilan setiap anggota keluarga.

Dia juga sempat membintangi acara spin-off miliknya, "Life of Kylie," pada tahun 2017.

Pada 2013, saat Kylie berusia 15 tahun, dia dan saudara perempuannya, Kendall, meluncurkan clothing line bernama Kendall + Kylie untuk PacSun.

Merek tersebut telah berkembang untuk dijual grosir ke 390 lokasi di AS, termasuk Nordstrom, Topshop, Amazon, dan Bloomingdale's, dan 975 lokasi lainnya di seluruh dunia.

Sebagian besar kekayaannya diketahui berasal dari perusahaan makeup-nya, Kylie Cosmetics. Perusahaan ini awalnya diluncurkan sebagai Kylie Lip Kits, tidak lama setelah Kylie mengaku melakukan prosedur filler di bibir pada tahun 2015.

Perusahaan ini mengklaim telah menjual riasan senilai lebih dari US$630 juta dalam dua tahun pertamanya, termasuk sekitar US$330 juta pada tahun 2017.

Pada tahun 2018, Kylie mengklaim bahwa Kylie Cosmetics diperkirakan menghasilkan pendapatan lebih dari US$300 juta, sebagian berkat distribusi eksklusif dengan pengecer kecantikan Ulta.

Namun Forbes mengatakan bahwa pada kenyataannya, dokumen keuangan menunjukkan bahwa penjualan hanya US$$125 juta.

Media sosial juga memainkan peran krusial dalam karir Kylie sebagai selebriti dan wirausaha. Dia sering mempromosikan produknya sendiri atau produk lain di akun Instagram pribadinya.

"Media sosial adalah platform yang luar biasa," kata Kylie, yang memiliki lebih dari 189 juta pengikut di Instagram, kepada Forbes tahun lalu. "Saya memiliki akses yang mudah ke penggemar dan pelanggan saya."

Sebuah laporan tahun 2018 dari perusahaan wawasan media sosial D'Marie Analytics menemukan bahwa satu posting iklan Instagram oleh Kylie bernilai US$1 juta.

Meskipun setuju untuk menjual sebagian besar perusahaannya tahun lalu, Kylie mengatakan kepada Forbes pada tahun 2018 bahwa dia membayangkan dirinya akan tetap bekerja di sana "selamanya."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daftar miliarder tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top