Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rayakan Ultah ke-90, Inilah 10 Fakta Seputar Warren Buffett

Buffett, Chairman dan Chief Executive Berkshire Hathaway Inc genap berusia 90 tahun pada Minggu (30/8). Miliarder asal Omaha ini dikenal karena kesederhanaannya.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  16:08 WIB
Warren Buffet
Warren Buffet

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai salah satu investor sukses sepanjang masa, kekayaan bersih Warren Buffett kini mencapai US$82,4 Miliar.

Buffett, Chairman dan Chief Executive Berkshire Hathaway Inc genap berusia 90 tahun pada Minggu (30/8). Miliarder asal Omaha ini dikenal karena kesederhanaannya.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Buffett adalah miliarder terkaya keenam di dunia.

Pada ulang tahunnya yang ke-90, bos Berkshire Hathaway ini mengumumkan bahwa perusahaannya telah mengakuisisi sedikit lebih dari 5% saham, masing-masing dari lima perusahaan perdagangan Jepang terkemuka.

Perusahaan tersebut adalah Itochu Corp., Marubeni Corp., Mitsubishi Corp., Mitsui & Co., dan Sumitomo Corp. Berdasarkan harga penutupan perdagangan hari Jumat 28/8), 5% saham masing-masing akan bernilai sekitar US$6,25 miliar.

Dirangkum melalui beberapa sumber, berikut 10 fakta tentang Warren Buffett

1. Buffett menjalankan operasional Berkshire Hathaway, yang memiliki lebih dari 60 anak perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell dan jaringan restoran Dairy Queen.

2. Buffett adalah putra seorang anggota kongres AS. Dia pertama kali membeli saham pada usia 11 tahun dan pertama kali mengajukan laporan pajak pada usia 13 tahun.

3. Dia berjanji untuk menyumbangkan lebih dari 99% kekayaannya. Sejauh ini dia telah memberikan lebih dari US$41 miliar.

4. Pada tahun 2010, dia dan Bill Gates meluncurkan Giving Pledge, meminta para miliarder untuk berkomitmen menyumbangkan setengah kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

5. Buffett memiliki saham yang relatif sedikit. Namun, semua yang dia miliki, dia coba pegang "selamanya," seperti Johnson & Johnson, Kraft, Wells Fargo, dan The Coca-Cola Company.

6. Dia pernah berkata, “Saya tidak pernah mencoba menghasilkan uang di pasar saham. Saya membeli dengan asumsi mereka dapat menutup pasar pada hari berikutnya dan tidak membukanya kembali selama 10 tahun. "

7. Pada bulan Juni 2006, Warren Buffett mengumumkan rencananya untuk memberikan 85% kekayaannya untuk amal. Dia sudah lama mengatakan niatnya adalah untuk "berbuat baik" daripada menimbun uangnya untuk dirinya dan keluarganya. Lebih dari 80% saham akan masuk ke Bill & Melinda Gates Foundation.

8. 20% saham lainnya dibagi di antara yayasan yang dikepalai oleh tiga anak Buffett, Susan, Howard, dan Peter, serta yayasan yang didirikan untuk menghormati mendiang istrinya, Susan Thompson Buffett Foundation.

9. Buffett masih tinggal di rumah yang sama yang dia beli pada tahun 1958 seharga US$31.500 di Distrik Bersejarah Dundee-Happy Hollow di Omaha, Nebraska tempat dia dibesarkan. Buffett mengatakan bahwa dia memiliki semua yang dia butuhkan di rumah itu. Rumahnya tidak memiliki tembok atau pagar.

10. Dia menyatakan bahwa investasi terbaiknya bukanlah dengan membeli saham atau bisnis, tetapi buku berjudul “The Intelligent Investor” yang ditulis oleh Benjamin Graham pada tahun 1949. Dia menyatakan bahwa buku tersebut mengubah hidupnya secara dramatis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett daftar miliarder
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top