Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Hal yang Wajib Dilakukan Miliarder Selama Masa Sulit

Setiap pengusaha, pemilik usaha, dan pemimpin terbuka harus bersedia membuka diri dan mau belajar.
Tips Bisnis/ilustrasi
Tips Bisnis/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Perencana Keuangan Bersertifikat Jess Rose mengulas dan mengomentari artikel "7 Smart Money Moves Self-Made Millionaires Make in Challenging Times."

Ini merupakan artikel yang diterbitkan di Grow from Acorns, sebuah situs pengetahuan finansial dan kekayaan pribadi.

Menurut artikel tersebut, miliarder self-made melakukan hal-hal berikut selama dihadapi masa-masa sulit untuk tetap bertahan, seperti dikutip dari Entrepreneur, Kamis (1/10/2020).

1. Carilah peluang. Rose berbicara tentang dua pola pikir, pola pikir kelimpahan (abundance) dan pola pikir kelangkaan (scarcity), di mana dia setuju bahwa Anda dapat menemukan peluang bahkan selama pandemi jika Anda terbuka untuk itu.

2. Fokus pada identifikasi dan pemecahan masalah. Rose setuju bahwa mencari tahu apa yang orang perjuangkan dan menemukan solusi serta berputar dan beradaptasi adalah langkah cerdas.

3. Ingatlah bahwa semuanya bisa dinegosiasikan. Rose berbicara tentang pentingnya meminta apa yang Anda inginkan, karena hal terburuk yang dapat Anda katakan adalah tidak. "Bersedialah untuk bertanya atau Anda tidak akan pernah mendapatkan jawaban ya," kata Rose.

4. Inventarisasi aset dan jual untuk mendapatkan uang tunai. Rose setuju bahwa mencatat aset Anda adalah langkah yang baik - terutama, melacak berapa banyak uang yang Anda miliki dan apa yang Anda belanjakan, termasuk apa yang tidak seharusnya Anda bayar. Dia tidak setuju bahwa menjual barang-barang Anda untuk mendapatkan uang tunai dari ketakutan moneter adalah langkah yang satu-satunya, meskipun dia menyarankan untuk mencari tahu apa yang bisa Anda jual dan berapa nilainya.

5. Manfaatkan jaringan. Rose mengulangi pepatah, "Jaringan Anda adalah kekayaan bersih Anda," yang dia gambarkan sebagai prinsip bisnis yang penting. Dia mengatakan jaringan tidak sulit dan sia-sia jika Anda melakukannya untuk membantu dan melayani orang lain, memberi mereka nilai alih-alih secara eksklusif mengambil keuntungan dari orang lain.

6. Mempersiapkan potensi perubahan haluan. Rose memperdebatkan nasihat ini, menunjukkan bahwa pasar saham, misalnya, belum menawarkan penawaran selama pandemi. Persiapannya adalah menginvestasikan kembali bisnisnya dan berbicara dengan jutawan mandiri lainnya untuk mengetahui langkah apa yang mereka ambil dan investasi apa yang mereka buat.

7. Pelajari tentang bagaimana uang bekerja. Rose berbicara tentang bagaimana pengalamannya telah mengajarinya bagaimana uang bekerja, tetapi selalu ada hal yang perlu dipelajari tentang investasi dan membangun kekayaan. Dia menyarankan agar pengusaha, pemilik usaha dan pemimpin terbuka dan mau belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper