Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 Manfaat Sewa Jasa Akuntan untuk Bisnis Kecil Anda

Melakukan akuntansi sendiri tentunya menghemat sejumlah uang dalam jangka pendek. Karena itu, mungkin ada baiknya menyewa akuntan luar untuk perusahaan Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  15:49 WIB
Ilustrasi akuntan
Ilustrasi akuntan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Laporan Keuangan dan SDM Bisnis Kecil Onpay 2019, hanya 30 persen pemilik usaha kecil yang bekerja dengan akuntan. Itu tidak mengherankan, mengingat berapa banyak setiap Rupiah yang diperhitungkan bagi sebuah perusahaan kecil.

Melakukan akuntansi sendiri tentunya menghemat sejumlah uang dalam jangka pendek. Karena itu, mungkin ada baiknya menyewa akuntan luar untuk perusahaan Anda.

Anda, tentu saja, harus mempertimbangkan pro dan kontrakarena kebutuhan setiap bisnis berbeda, tetapi ada banyak hal yang bisa diperoleh dengan membawa sumber daya dari luar.

Berikut adalah empat alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa akuntan untuk bisnis kecil Anda, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Kamis (8/10).

1. Menghemat waktu dan mengurangi stress

Studi yang dilakukan oleh Onpay menemukan bahwa 28 persen bisnis kecil di AS telah diaudit oleh atau menerima pemberitahuan resmi dari Internal Revenue Service (IRS) terkait pajak.

Mendapat pemberitahuan dari pihak berwajib tentu menegangkan bahwa jika Anda yakin sudah melakukan pelaporan keuangan usaha dengan benar. Berapa banyak waktu yang Anda habiskan dan kecemasan yang dilalui untuk menyiapkan laporan tersebut.

emiliki seorang akuntan akan menghilangkan kekhawatiran ini dan membebaskan waktu Anda, memberi Anda seseorang untuk mengangkat beban itu dari bahu Anda.

2. Akuntan dapat membantu semua pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan

Menyewa seorang akuntan untuk menangani pajak Anda sendiri bisa sangat berguna. Jika akuntan dapat mendukung seluruh kesejahteraan finansial perusahaan Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Dalam laporan Onpay, 38 persen pemilik usaha kecil mengatakan mereka mengharapkan akuntan mereka membantu dalam penggajian, 32 persen mengharapkan bantuan dengan proyeksi keuangan dan 27 persen dengan arus kas.

Memiliki orang lain untuk membantu mengurus hal itu dan memastikan bahwa angka-angkanya sesuai dapat membebaskan pengusaha dari beban tambahan dan memberkan waktu untuk mengerjakan tugas prioritas lainnya.

3. Akuntan bahkan dapat memberikan konsultasi dan nasihat bisnis

Akuntan dapat mendukung strategi bisnis serta kesehatan keuangan perusahaan Anda. Faktanya, 87 persen responden dalam studi Onpay setuju atau sangat setuju bahwa akuntan mereka adalah penasihat tepercaya yang dapat mereka hubungi untuk mendapatkan berbagai nasihat bisnis.

Akuntan sering kali memiliki pemahaman yang tajam tentang apa yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan dan dapat menawarkan nasihat yang baik tentang strategi bisnis.

Mereka dapat mengusulkan unit bisnis baru atau perubahan harga yang telah membantu meningkatkan laba.

4. Akuntan adalah sumber dukungan yang dapat dipercaya

Studi ini juga mengungkapkan bahwa bagi banyak bisnis, akuntan adalah penasihat yang paling dipercaya oleh pemilik dan manajer untuk nasihat terkait bisnis, lebih dari keluarga, teman, pengacara, atau perencana keuangan. Lebih lanjut, 82 persen responden mengatakan bahwa akuntan mereka mengetahui bisnis dengan baik atau sangat baik.

Akuntan sangat berharga karena pendirian objektif mereka. Mereka tidak memiliki bias yang sama dengan teman atau keluarga, dan mereka tidak terkait dengan perusahaan Anda seperti halnya karyawan. Selain itu, mereka memiliki andil dalam kesehatan perusahaan Anda sehingga mereka memiliki motivasi yang kuat untuk melihat Anda sukses.

Untuk menemukan akuntan yang tepat untuk Anda, mintalah rekomendasi dari penasihat profesional, teman dan kolega tepercaya. Pendekatan ini membantu Anda memeriksa calon akuntan Anda, sehingga lebih mudah untuk menemukan kandidat yang tepat.

Ini bukan hanya tentang pengalaman akuntan saja. Pertimbangkan juga komitmen mereka terhadap bisnis dan seberapa cocok Anda dengan mereka. Setelah Anda menemukan orang yang tepat, buat beberapa aturan dasar untuk masa percobaan sebelum membuka bisnis Anda ke dalam kontrak yang lebih besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akuntan tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top