Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi, Waktunya Industri Kreatif Untuk Restart?

Apalagi beberapa subsektor kreatif seperti event, film, festival musik, pameran, kuliner dan sebagainya yang membutuhkan kerumunan dan pergerakan banyak orang
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  19:26 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 memberikan tantangan yang begitu besar bagi sejumlah industri kreatif di Indonesia. Pada masa awal kemunculan pandemi, semua pelaku usaha benar-benar gamang dan seperti kehilangan pegangan.

Apalagi beberapa subsektor kreatif seperti event, film, festival musik, pameran, kuliner dan sebagainya yang membutuhkan kerumunan dan pergerakan banyak orang, menjadi seolah tak berdaya. Namun, di masa ini para pelaku usaha benar-benar diuji ketahanannya, apakah mampu bertahan, berkembang, atau justru malah mati.

Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment mengatakan pada saat semua bisnis tiarap dihantam pandemi, justru pada saat inilah para pelaku usaha kreatif yang selama ini bergerak terlalu cepat dan tak sempat menganalisa bisnisnya, menjadi terhenti sejenak dan berpikir ulang tentang bisnis model yang harus diperbaiki.

Sebab, pada saat-saat inilah kita memiliki lebih banyak waktu daripada sebelum-sebelumnya untuk memikirkan ulang bisnis kita dan memulainya dari awal [restart].

Menurutnya, selama 7 hingga 8 bulan terakhir, masyarakat khususnya pelaku usaha seperti dipaksa untuk bekerja dan berpikir sangat keras untuk menghadapi kondisi pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Seperti halnya komputer yang jika terlalu banyak dan terlalu lama digunakan akan menyebabkannya menjadi hank. Pada saat itu, sering kali kita mencari tombol restart untuk memulainya kembali dari awal. Inilah yang saya harap dapat menjadi spirit kita bersama, restart, mindset yang harus kita tanamkan,” ujarnya, dalam virtual press conference IDEAFEST 2020: Restart, Selasa (27/10/2020).

Ben yang juga merupakan Founder Ideafest ini mengatakan, meski pandemi saat ini telah menjadi sebuah tantangan yang berat tetapi para pelaku usaha di industri kreatif harus dapat mengubah mindset dan sudut pandang bahwa pandemi menyadarkan bahwa ada yang salah pada bisnis model yang dijalankan selama ini.

“Dengan adanya pandemi kita disadarkan bahwa bisnis tak terbatas. Seperti halnya Ideafest yang selama 9 tahun ini ketika dilaksanakan secara offline benar-benar Jakartacentris atau hanya fokus ke kota-kota besar, maka di masa pandemi ini ketika go digital semua menjadi tanpa batas, anak-anak muda kreatif dari kota-kota kecil sekalipun bisa mendapatkan akses yang sama dengan yang di kota besar,” terangnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini telah berhasil mentransformasi setiap lini kehidupan dengan sangat cepat. Para pelaku usaha pun dipaksa untuk go digital agar bisnis yang dijalankanya dapat tetap bertahan dan berkembang.

“Harapannya, tema besar Restart ini membuat kita semua dapat memikirkan kembali cara berpikir, cara berbisnis, dan cara menjalani hidup, mengganti format yang lama untuk diubah dengan mindset yang baru,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infotainment industri kreatif
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top