Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Melihat Tren Bisnis bagi Millenial Ala Ketua Kadin

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani menyatakan kegagalan adalah bagian dari suatu proses untuk menuju suatu keberhasilan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  15:40 WIB
Tangkapan layar - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani dalam talkshow daring di Jakarta, Rabu (28/10/2020). ANTARA - Aji Cakti
Tangkapan layar - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani dalam talkshow daring di Jakarta, Rabu (28/10/2020). ANTARA - Aji Cakti

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani membagikan tips kepada generasi milenial untuk cermat dalam melihat siklus tren bisnis.

"Memang di setiap bisnis itu pasti ada siklusnya, mulai dari awal, puncak hingga turunnya pasti ada masa siklusnya. Bagaimana kita bisa melihat masa siklus ini," kata Rosan dalam talkshow daring, dikutip dari Antara, Rabu (28/10/2020).

Rosan mengemukakan pelaku usaha khususnya pemula harus berhati-hati. Tetapi yang patut diperhatikan, jika ada tren suatu usaha biasanya semua orang masuk ke situ. Alhasil, siklusnya sudah mencapai puncak sehingga mungkin akan terjadi penurunan.

Dengan demikian pelaku usaha mesti melihat apakah tren ini baru di fase awal, mulai mencapai puncak, atau bahkan sudah mulai memasuki fase siklus penurunan.

"Jadi tidak serta merta kalau lagi tren semua orang masuk ke bisnis tersebut. Mesti pintar-pintar dalam melihat tren," ujarnya.

Rosan mengakui bahwa dirinya lebih banyak memilih bisnis yang tidak tren tetapi dengan prospek masih terbuka. Satu lagi, dia menyebut pelaku usaha harus bersabar dalam melakukan bisnis.

"Yang paling penting kita sebagai seorang pengusaha harus berani melangkah, mengambil risiko. Kalau pengusaha tidak berani melangkah lebih baik jangan menjadi pengusaha. Pengusaha itu memang harus berani mengambil risiko," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa kegagalan adalah bagian dari suatu proses untuk menuju suatu keberhasilan.

"Jadi ini harus dijaga, jangan sampai berpikiran pendek ingin cepat besar usahanya, cepat untung, semuanya harus melalui proses," katanya.

Menurutnya, pengusaha harus bisa menikmati proses dari bisnis itu sendiri karena naik turunnya bisnis adalah bagian dari menuju suatu kedewasaan dan keberhasilan.

"Yang penting enjoy, niatnya baik, dan jangan mudah menyerah. Kalau mudah menyerah lebih baik tidak perlu menjadi pengusaha, karena pastinya kita semua menghadapi keberhasilan dan kegagalan, semuanya mulai dari pelaku usaha kecil sampai dengan besar pasti mengalami hal tersebut," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin tips bisnis generasi milenial
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top