Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Dian Sastrowardoyo Pertahankan Bisnis Saat Pandemi

Dian Sastrowardoyo bercerita pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak terhadap usaha yang sudah dirintisnya beberapa tahun lalu
Dian Sastro Wardoyo/Istimewa
Dian Sastro Wardoyo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selain dikenal sebagai pekerja seni, Dian Sastrowardoyo juga merupakan pebisnis. Di tengah kondisi pandemi, dirinya pun harus putar otak untuk mempertahankan roda bisnisnya.

Dia bercerita pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak terhadap usaha yang sudah dirintisnya beberapa tahun lalu. Bagi pemilik bisnis seperti dirinya, kondisi saat ini tidaklah mudah.

"Saya punya usaha fotografi travel. Dengan kolapsnya industri pariwisata, kolaps pula usaha fotografi berbasis pariwisata," ceritanya dalam webinar yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Selasa (10/11/2020).

Pemain Ada Apa Dengan Cinta? itu melirik bisnis fotografi dengan mendirikan Frame A Trip pada 2017. Ini merupakan startup pemesanan fotografi lokal online.

Namun, pandemi membuatnya harus bergerak cepat untuk beradaptasi. Dia mengubah model bisnisnya dari semula fotografi berbasis travel menjadi jasa foto produk.

Cara baru juga diterapkan untuk bisnis kulinernya agar tetap bertahan. Dian diketahui membangun restoran cepat saji bernama MAM dan 3 Skinny Minnies.

"Untuk bisnis makanan, langsung berubah dan beradaptasi dengan kebutuhan saat ini. Kami langsung bikin service yang delivery ke kantor dan rumah," imbuhnya.

Menurutnya, pandemi selain menjadi cobaan, juga memberikan pembelajaran baik bagi dirinya. Pandemi menuntut manusia untuk cepat beradaptasi dan berkolaborasi.

Pandemi juga tidak mengurangi kreatifitasnya dalam berkarya. Di tengah pandemi, Dian berhasil menulis script dan menjadi sutradara untuk film pendek yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini.

"Yang penting dimiliki di saat pandemi ini adalah kreatif, gigih, dan ulet untuk menemukan peluang," katanya berbagi tips.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper