Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara Dian Sastrowardoyo Pertahankan Bisnis Saat Pandemi

Dian Sastrowardoyo bercerita pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak terhadap usaha yang sudah dirintisnya beberapa tahun lalu
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 10 November 2020  |  15:12 WIB
Dian Sastro Wardoyo - Istimewa
Dian Sastro Wardoyo - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selain dikenal sebagai pekerja seni, Dian Sastrowardoyo juga merupakan pebisnis. Di tengah kondisi pandemi, dirinya pun harus putar otak untuk mempertahankan roda bisnisnya.

Dia bercerita pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak terhadap usaha yang sudah dirintisnya beberapa tahun lalu. Bagi pemilik bisnis seperti dirinya, kondisi saat ini tidaklah mudah.

"Saya punya usaha fotografi travel. Dengan kolapsnya industri pariwisata, kolaps pula usaha fotografi berbasis pariwisata," ceritanya dalam webinar yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Selasa (10/11/2020).

Pemain Ada Apa Dengan Cinta? itu melirik bisnis fotografi dengan mendirikan Frame A Trip pada 2017. Ini merupakan startup pemesanan fotografi lokal online.

Namun, pandemi membuatnya harus bergerak cepat untuk beradaptasi. Dia mengubah model bisnisnya dari semula fotografi berbasis travel menjadi jasa foto produk.

Cara baru juga diterapkan untuk bisnis kulinernya agar tetap bertahan. Dian diketahui membangun restoran cepat saji bernama MAM dan 3 Skinny Minnies.

"Untuk bisnis makanan, langsung berubah dan beradaptasi dengan kebutuhan saat ini. Kami langsung bikin service yang delivery ke kantor dan rumah," imbuhnya.

Menurutnya, pandemi selain menjadi cobaan, juga memberikan pembelajaran baik bagi dirinya. Pandemi menuntut manusia untuk cepat beradaptasi dan berkolaborasi.

Pandemi juga tidak mengurangi kreatifitasnya dalam berkarya. Di tengah pandemi, Dian berhasil menulis script dan menjadi sutradara untuk film pendek yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini.

"Yang penting dimiliki di saat pandemi ini adalah kreatif, gigih, dan ulet untuk menemukan peluang," katanya berbagi tips.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis dian sastrowardoyo tips sukses pandemi corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top