Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bermula dari Driver Gojek, Pria Ini Sukses Kembangkan 3 Bisnis Kuliner

Saat mengikuti pelatihan tersebut, dirinya mendapatkan banyak ilmu mengenai cara memulai usaha GoFood sampai dibuatkan akun GoFood. “Pas pulangnya, saya dikasi modal awal secara gratis.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 November 2020  |  18:08 WIB
Dodi Sandra
Dodi Sandra

Bisnis.com, JAKARTA – Dua tahun menjalani hari-hari sebagai driver ojek online, Dodi Sandra akhirnya memutuskan untuk mengembangkan bisnis kuliner usai mendapatkan pelatihan kewirausahaan dari perusahaan tempatnya bekerja, PT Gojek Indonesia.

Saat mengikuti pelatihan tersebut, dirinya mendapatkan banyak ilmu mengenai cara memulai usaha GoFood sampai dibuatkan akun GoFood. “Pas pulangnya, saya dikasi modal awal secara gratis. Dari situ tanpa pikir panjang saya langsung tancap gas dari seorang driver goride mau buka usaha di bidang kuliner,” ujarya dalam diskusi media GoFood, Selasa (10/11/2020).

Mulanya, Dodi yang memiliki istri asal Palembang memutuskan untuk memulai usaha Pempek karena dia melihat peluang bisnis camilan masih sangat terbuka luas. Dia dan istrinya pun lantas mencoba membuat sendiri olahan Pempek untuk kemudian dibagikan kepada tetangga dan saudara.

Dari situ Dodi dan istri mendapatkan banyak masukan mengenai cita rasa, kekenyalan pempek, kuah cuko dan lain sebagainya. Setelah merasa mantap, seminggu kemudian dia langsung memasarkan produknya yang diberi nama Pempek Pistel Kiarin melalui GoFood karena usahanya benar-benar dijalankan dari rumah.

“Waktu itu modal kami kurang dari Rp5 juta untuk membuat bahan pokok itu sekitar Rp2 juta hingga Rp3 juta. Lalu untuk perlengkapan lainnya itu kan sebetulnya ada di rumah seperti kompor, penggorengan dan lainnya,” tutur Dodi.

Dalam memasarkan produknya, Dodi benar-benar gencar. Dia mempraktekkan semua ilmu yang didapatkanya dari pelatihan dan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Selain itu dia juga memanfaatkan segala fasilitas yang disediakan oleh GoFood termasuk cara memasarkan produk, teknik fotografi agar tampian menu menarik, serta strategi marketing lainnya.

“Untuk pemasaran saya share link gofood saya ke media yang naik daun seperti TikTok, dan instagram. Tak lupa juga ke fb, twitter, pokoknya gencari promosi di sana untuk menarik konsumen. Jangan lupa juga untuk membuat promo karena masyarakat Indonesia sangat suka dengan promo,” tuturnya

Menurutnya, saat pertama kali membuka usaha dia memang fokus ke sisi marketing dan promosi supaya usahanya lebih dikenal oleh masyarakat. Dia tidak mempermasalahkan meski keuntungan yang didapatkannya sedikit.

“Yang penting histori riwayat order konsumen banyak sehingga bisa menaikan rating. Kalau ada promo gini konsumen akan terus repeat order dan resto kita bisa menjadi favorit pelanggan,” ujar Dodi yang meraih .

Tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi tinggi, usahanya malah semakin meraup keuntungan. Dia pun tak khawatir kalah bersaing dengan resto lainnya karena banyak program promosi dari GoFood yang rutin diikutinya

“Kalau kita ikut promosi, begitu pelanggan masuk ke banner promo GoFood, nama resto kita sudah pasti mudah ditemukan pelanggan. Setiap mengikuti program promosi GoFood, pendapatan usaha saya bisa meningkat sampai 50% setiap harinya,” ceritanya.

Selain jeli melihat peluang, Dodi juga mengatakan bahwa kunci utama merintis sebuah usaha kuliner adalah nama resto itu sendiri. Keunikan nama resto tentu membuat orang penasaran, tapi yang terpenting adalah kesesuaian nama dengan menu utama yang kita sediakan, seperti nama resto Pempek Pistel Kiarin yang menu utamanya adalah pempek.

Terdengar sederhana, tetapi Dodi mengatakan bahwa hal ini pengaruhnya besar bagi usaha kuliner karena kecenderungan pelanggan yang mencari pilihan menu berdasarkan jenisnya. Ilmu seperti ini, kata Dodi, hanya dia dapatkan di KOMPAG.

Saat ini, usaha yang dijalankan Dodi terus berkembang, tak hanya Pempek, ayah dari dua anak ini kini telah mengembangkan 3 outlet bisnis kuliner sekaligus dari dapur rumahannya, yaitu Pempek Pistel Kiarin, Ayam Black Sweet dan Cireng Isi Mercon.

Keberhasilan dalam mengembangkan bisnis rumahan tak membuatnya berpuas diri. Pengalaman sebagai mitra driver justru membuatnya tergerak untuk melakukan hal positif bagi sesama.

“Saya merasakan sendiri perjuangan sesama mitra driver yang seharian di jalanan. Karenanya, saya sediakan kopi dan air mineral gratis bagi teman-teman mitra yang menunggu pesanan pelanggan di rumah saya. Di masa pandemi, saya juga sediakan masker gratis biar teman-teman tetap sehat dan aman saat mengantarkan makanan dan penumpang,” ujar Dodi yang berhasil menjadi Mitra Juara Gojek-Kategori GoFood ini.

“Senang sekaligus bangga rasanya bisa jadi bagian dari Gojek dan GoFood, berjuang bersama teman- teman dan membantu sesama. Saya berharap dengan apa yang saya miliki sekarang, bisa semakin bermanfaat untuk keluarga dan sekitar,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis Gojek
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top