Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Sukses Berjualan secara Online? Ini Tips dari Tokopedia

UMKM pemula dipandang perlu memahami produk mana yang akan dibeli dan bagaimana perjalanan konsumen hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Ilustrasi - Jualan online (Ist)/.Antara
Ilustrasi - Jualan online (Ist)/.Antara

Bisnis.com, JAKARTA –Tokopedia membagikan sejumlah kiat penting agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pemula mampu meraih kesuksesan ketika berjualan secara daring.

"Ketika kami bertemu dengan UMKM-UMKM pemula atau baru, terutama UMKM makanan dan minuman, saran-saran yang biasa kita lakukan adalah pastikan pelaku UMKM itu mengetahui dan memahami brand proposition dan unique selling point dari produk yang ditawarkan," kata Head of Product Marketing Tokopedia Olivia Kurniawati, dikutip dari Antara, Jumat (20/11/2020).

Dia menambahkan pelaku UMKM pemula juga perlu mengidentifikasi target pasar mereka, kemudian melakukan pemetaan terhadap kompetitor yang ada.

Berkaitan dengan metode pemasaran apa yang harus digunakan dan kanal digital yang harus dipakai, Olivia menyarankan agar pelaku UMKM baru mencoba semua kanal digital dalam melakukan pemasaran.

"Hal itu penting karena kita tidak tahu kanal digital mana menarik para costumer, jadi saya menyarankan kepada UMKM pemula untuk mencoba semuanya supaya kita mengetahui kanal mana yang lebih efektif dalam melakukan digital marketing dan kanal-kanal tersebut harus saling menunjang," ucapnya.

Jika melihat dari sudut pandang konsumen, kata Olivia, UMKM pemula perlu memahami produk mana yang akan dibeli dan bagaimana perjalanan konsumen hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.

"Menurut saya sebelum UMKM pemula menggunakan iklan, biasanya saya selalu menyarankan adalah UMKM pemula perlu membangun kepercayaan atau trust dulu dengan customer," ujar Olivia.

Sebaliknya, untuk penawaran dan penjualan di sosial media seperti Instagram, Olivia menyarankan kepada UMKM pemula untuk mengirimkan produk kepada lingkungan terdekat seperti keluarga, teman kantor, teman sekolah, tetangga, atau rekanan.

Dengan demikian, linkungan terdekat itu bisa membantu untuk memberikan referensi dan rekomendasi kepada rekan-rekan mereka lainnya.

"Jadi modal kita mungkin sebatas harga modal dari produk yang kita jual, agar keluarga dan rekanan kita memberikan referensi di e-commerce atau sosial media tempat produk UMKM pemula itu ditawarkan sehingga ketika diiklankan audience yang melihatnya dapat mengetahui review positif untuk produk tersebut," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper