Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mau Sukses Berjualan secara Online? Ini Tips dari Tokopedia

UMKM pemula dipandang perlu memahami produk mana yang akan dibeli dan bagaimana perjalanan konsumen hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 November 2020  |  14:40 WIB
Ilustrasi - Jualan online (Ist) - .Antara
Ilustrasi - Jualan online (Ist) - .Antara

Bisnis.com, JAKARTA –Tokopedia membagikan sejumlah kiat penting agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pemula mampu meraih kesuksesan ketika berjualan secara daring.

"Ketika kami bertemu dengan UMKM-UMKM pemula atau baru, terutama UMKM makanan dan minuman, saran-saran yang biasa kita lakukan adalah pastikan pelaku UMKM itu mengetahui dan memahami brand proposition dan unique selling point dari produk yang ditawarkan," kata Head of Product Marketing Tokopedia Olivia Kurniawati, dikutip dari Antara, Jumat (20/11/2020).

Dia menambahkan pelaku UMKM pemula juga perlu mengidentifikasi target pasar mereka, kemudian melakukan pemetaan terhadap kompetitor yang ada.

Berkaitan dengan metode pemasaran apa yang harus digunakan dan kanal digital yang harus dipakai, Olivia menyarankan agar pelaku UMKM baru mencoba semua kanal digital dalam melakukan pemasaran.

"Hal itu penting karena kita tidak tahu kanal digital mana menarik para costumer, jadi saya menyarankan kepada UMKM pemula untuk mencoba semuanya supaya kita mengetahui kanal mana yang lebih efektif dalam melakukan digital marketing dan kanal-kanal tersebut harus saling menunjang," ucapnya.

Jika melihat dari sudut pandang konsumen, kata Olivia, UMKM pemula perlu memahami produk mana yang akan dibeli dan bagaimana perjalanan konsumen hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.

"Menurut saya sebelum UMKM pemula menggunakan iklan, biasanya saya selalu menyarankan adalah UMKM pemula perlu membangun kepercayaan atau trust dulu dengan customer," ujar Olivia.

Sebaliknya, untuk penawaran dan penjualan di sosial media seperti Instagram, Olivia menyarankan kepada UMKM pemula untuk mengirimkan produk kepada lingkungan terdekat seperti keluarga, teman kantor, teman sekolah, tetangga, atau rekanan.

Dengan demikian, linkungan terdekat itu bisa membantu untuk memberikan referensi dan rekomendasi kepada rekan-rekan mereka lainnya.

"Jadi modal kita mungkin sebatas harga modal dari produk yang kita jual, agar keluarga dan rekanan kita memberikan referensi di e-commerce atau sosial media tempat produk UMKM pemula itu ditawarkan sehingga ketika diiklankan audience yang melihatnya dapat mengetahui review positif untuk produk tersebut," katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm e-commerce tokopedia

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top