Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jejak Bisnis Randy Kartanidata, Partner Usaha Gibran Rakabuming

Gibran lebih dulu memulai perjalanannya sebagai wirausaha melalui Markobar yang kemudian disusul oleh Kaesang yang lebih agresif dengan merintis tiga bisnis secara bertahap antara lain Sang Pisang, Madhang, Sang Javas dan Ternak Kopi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 24 November 2020  |  13:04 WIB
Randy Julius (paling kiri) bersama dengan Gibran, Chef Arnold dan Kaesang
Randy Julius (paling kiri) bersama dengan Gibran, Chef Arnold dan Kaesang

Bisnis.com, JAKARTA - Kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, diketahui meneruskan bakat kewirausahaan ayahnya dengan masing-masing menjalankan bisnis kuliner.

Gibran lebih dulu memulai perjalanannya sebagai wirausaha melalui Markobar yang kemudian disusul oleh Kaesang yang lebih agresif dengan merintis tiga bisnis secara bertahap antara lain Sang Pisang, Madhang, Sang Javas dan Ternak Kopi.

Keduanya juga memiliki bisnis yang dirintis kuliner bersama, Mangkok Ku, dengan menggandeng juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold Poernomo, serta seorang pengusaha, Randy Julius Kartanidata.

Sebagai CEO dan co-founder, Randy tidak begitu sering terlihat tampil di depan kamera kecuali ketika sedang memperkenalkan bisnis kulinernya sebagai pengelola.

Restoran yang menyajikan menu rice bowl dengan cita rasa gabungan antara Jepang dan Nusantara ini didirikan pada 20 Juni 2019 dan mencatat perkembangan bisnis yang cukup cepat.

Hingga saat ini, sudah ada delapan outlet Mangkok Ku yang tersebar di DKI Jakarta. Adapun, outlet pertama Mangkok Ku dibuka di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Berdasarkan halaman Linked-In Randy, dia adalah lulusan University of Technology Sydney bergelar master untuk studi manajemen bisnis.

Sebelum merintis Mangkok Ku bersama dengan Gibran, Kaesang dan Chef Arnold, Randy telah lebih dulu berkecimpung di industri kuliner sebagai Komisaris dan Co-founder Gioi Cookery and Plantery sejak 2016.

Diambil dari bahasa Vietnam, Gioi yang berarti 'great' merupakan restoran yang menyediakan makanan Asian/Indonesian fusion.

Randy juga merupakan co-founder untuk brand kuliner lainnya yang sedang populer yakni Gaaram. Restoran yang dirintis sejak 2019 dan mengusung konsep ricebowl dengan topping ayam goreng batu bara ini adalah bisnis kuliner kedua kolaborasi antara Randy, Gibran, Kaesang dan Chef Arnold.

Selain itu, Randy juga turut terlibat dalam pengembangan Digitarasa sebagai co-founder sejak awal tahun 2020.

Digitarasa merupakan perusahaan program akselerasi khusus untuk pengusaha kuliner hasil kolaborasi antara Gofood dan Digitaraya.

Di samping kesibukannya menahkodai sederet bisnis kuliner, sejak Agustus 2018 Randy tercatat sebagai Tenaga Ahli DPR RI, Komisi 3 (Hukum, Ham dan Keamanan) PDI Perjuangan serta komisaris PT Adikara Teknologi Informatika yang bergerak di bidang sistem informasi rumah sakit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chef Gibran Rakabuming Raka kaesang tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top