Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Pengusaha Mengarahkan Pikiran dan Tubuh agar Lebih Produktif

Pada kenyataannya, seorang pengusaha selalu memikirkan strategi promosi, rencana pemasaran atau peningkatan modal berikutnya, terkadang pada saat-saat yang paling tidak tepat.
Ilustrasi pengusaha
Ilustrasi pengusaha

Bisnis.com, JAKARTA -- Kita semua tau waktu bekerja sembilan jam tidak berlaku universal apalagi untuk pengusaha.

Pada kenyataannya, seorang pengusaha selalu memikirkan strategi promosi, rencana pemasaran atau peningkatan modal berikutnya, terkadang pada saat-saat yang paling tidak tepat.

Sekarang adalah saatnya untuk mulai menyadari betapa berharganya nilai dari waktu istirahat dan menjaga diri kita sendiri.

Istirahat tidak harus berarti liburan panjang. Penyesuaian kecil sepanjang hari dapat membuat kita kembali fokus dan memastikan bahwa kita menjaga diri sendiri sebelum mencoba membangun bisnis besar berikutnya.

Rutinitas perawatan diri yang vital berikut, seperti dikutip melalui Entrepreneur, telah terbukti membantu meningkatkan kinerja dan kesehatan mental semua jenis orang, mulai dari wirausahawan hingga atlet.

1. Istirahat.

Saat kita bersekolah, kita memiliki beberapa kebiasaan yang tidak cocok untuk dibawa ke dunia nyata. Begadang selama pekan ujian sepertinya menjadi hal yang biasa.

Kewirausahaan adalah dunia yang sangat berbeda. Pertanyaan pada lembar tes pengusaha datang dalam bentuk presentasi, percakapan, negosiasi, dan banyak lagi. Jika kejernihan mental Anda tidak berada di tempat yang seharusnya, peluang itu berisiko hilang.

Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan bahwa orang dewasa harus tidur selama 7-9 jam setiap malam. Kedengarannya gila untuk seseorang dengan jadwal harian yang padat, tetapi Anda pasti akan merasakan perbedaannya setelah istirahat malam yang nyenyak.

2. Keringat dapat mendetoksifikasi lebih dari sekedar pori-pori Anda.

Banyak investor dan pengusaha percaya pada mantra: Jika orang tidak menjaga diri mereka sendiri, bagaimana mereka dapat menjaga bisnis? Kesejajaran antara bisnis dan kebugaran tidak dapat disangkal; keduanya membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan disiplin diri.

Ini tidak berarti setiap wirausahawan sukses membutuhkan bahu bidang dan six-pack. Ini lebih tentang menjaga tubuh tetap aktif dan menikmati manfaat aliran darah beroksigen.

Menambahkan rutinitas olahraga 30 menit ke hari kita tidak hanya meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan, tetapi energi alami yang dihasilkan oleh olahraga adalah apa yang dibutuhkan setiap pengusaha, terutama kita yang terus bekerja.

3. Anda adalah apa yang Anda makan.

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita menunjukkan lebih banyak kepekaan terhadap makanan dan bahan tertentu. Beberapa dari kita adalah punya metabolisme kafein yang lambat, sementara yang lain menemukan alergi baru. Berusahalah untuk memantau bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan tertentu, bahkan mungkin mencatatnya dalam jurnal.

Artikel ini bukan untuk memberi Anda nasihat diet, tetapi untuk mendorong Anda mengidentifikasi makanan yang membuat tubuh Anda merasa baik dan berenergi, sehingga Anda dapat lanjut mengkonsumsinya dan melanjutkan hari sibuk Anda. Jangan lupa juga untuk konsumsi suplemen. Apoteker mendorong pengusaha untuk memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi penting dan suplemen multi-vitamin sesuai kebutuhan.

Meskipun kita selalu mencari "dorongan" energ, penting untuk tidak mengkonsumsi kafein dari kopi atau soda secara berlebihan. Carilah sumber lain seperti Vitamin B atau teh alami yang dapat memberi Anda dorongan energi, terutama pada sore hari.

4. Bagi porsi pekerjaan dan jangan sungkan untuk minta bantuan.

Sayangnya bagi kebanyakan dari pengusaha, ketika memulai perjalanan bisnis sendiri, kita mulai berpikir bahwa mereka harus melakukan semuanya sendiri. Meskipun hal itu benar di banyak area, ada tugas tertentu yang dapat didelegasikan kepada rekan kerja dan vendor.

Saat Anda kesulitan, biarkan spesialis tersebut bekerja. Ini akan mengurangi banyak stres Anda sekaligus menghemat banyak waktu, dan tidak ada yang lebih baik daripada mendengar "pekerjaan itu sudah selesai!"

5. Meditasi dan renungkan kegiatan Anda hari itu.

Saat kita mendengar kata meditasi, pandangan tradisionalnya adalah lilin, suara alam, mata tertutup, dan pose damai. Tapi sekarang, kita melihat masuknya teknologi dalam bentuk aplikasi yang mengajari kita cara menemukan kedamaian di zaman kita. Penting untuk memiliki beberapa panduan tentang cara bermeditasi. Refleksi diri dan melepas gadget sangat membantu, tetapi ada cara untuk membuat meditasi ini produktif untuk pekerjaan Anda juga.

Di malam hari, temukan cara untuk bersantai tetapi Anda harus tetap aktif memikirkan hari Anda di tempat kerja sambil bersantai. Apa yang Anda capai? Apa yang berhasil? Apa yang salah? Apa yang masih tertunda? Apa prioritas untuk hari esok? Yang terpenting, tetap tenang apa pun jawabannya.

Latihan ini akan membantu Anda mengatur dan mengelompokkan pikiran Anda dengan tenang, sementara juga membiarkan tubuh dan pikiran lebih santai. Ini membutuhkan latihan, tetapi Anda akan menemukan diri Anda dengan rencana yang jelas setiap hari setelah menggunakan rutinitas sederhana 15-30 menit ini pada malam sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper