Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membangun Bisnis

Mulailah dengan membangun bisnis dalam benak Anda sehingga ketika saatnya tiba, strategi pertumbuhan Anda tepat sasaran dan efisien.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  11:51 WIB
Membangun bisnis atau usaha baru membutuhkan strategi. - Ilustrasi
Membangun bisnis atau usaha baru membutuhkan strategi. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam pandemi, membangun bisnis membutuhkan ketangguhan dan keuletan lebih dari sebelumnya.

Namun demikian, membangun bisnis adalah pencarian yang mengasyikkan dan patut mendapat selamat.

Berikut lima hal, seperti yang dilansir melalui Entrepreneur, yang harus Anda definisikan untuk membangun bisnis yang mampu bertahan dari ujian apapun, mulai dari branding, pemasaran hingga rencana peningkatan skala.

1.Tentukan identitas merek yang unik

Identitas merek dapat didefinisikan sebagai seberapa baik Anda menyampaikan nilai inti merek Anda kepada pelanggan. Identitas merek itu penting karena menyelaraskan komunikasi merek Anda untuk menyampaikan nilai-nilai inti perusahaan membantu membangun kepercayaan.

Evaluasi target audiens, nilai inti bisnis, dan cara Anda menghubungkan keduanya. Itu dia: identitas merek unik Anda.

2. Bangun budaya kolaborasi

Jika Anda seorang solopreneur, prioritaskan dan lakukan outsourcing tugas Anda untuk menyediakan waktu untuk tugas yang paling penting. Jika Anda memiliki kolaborator, tetapkan tugas dan buat sistem akuntabilitas untuk memajukan proyek semulus mungkin.

Jika Anda memiliki karyawan, perlu diingat bahwa ada baiknya untuk membiasakan diri berbicara dengan karyawan Anda pada tahap awal sebuah startup.

Pengambilan keputusan yang demokratis membantu para eksekutif memahami tantangan pengusaha, dan pengusaha memahami poin-poin kesulitan para eksekutif. Pada akhirnya, ini membantu membangun budaya kolaborasi.

3. Perkuat keunggulan kompetitif produk Anda

Mari masuk ke seluk-beluk produk yang Anda tawarkan.

- Apakah Anda akan menjual produk atau layanan?

- Berapa biaya produksi dan harga jual?

- Siapa target konsumennya, dan dimana pasar Anda?

- Apa nilai yang diberikan produk Anda kepada pelanggan?

- Apa elevator pitch Anda untuk produk tersebut?

- Bagaimana Anda menggambarkannya kepada seseorang yang belum pernah melihatnya?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan inti dari produk, identitas merek, dan strategi pemasaran Anda. Sempurnakan keunggulan kompetitif produk Anda, dan kembangkan kekuatan produk Anda.

4. Jelajahi strategi pemasaran berbasis kata kunci (SEO)

Dengan dunia internet yang semakin tersegmentasi dari sebelumnya, Anda memerlukan kata kunci yang baik untuk menjangkau pelanggan. Bagaimana cara pelanggan menemukan bisnis Anda? Apakah mereka cenderung menemukan bisnis Anda di media sosial? Atau apakah mereka hampir secara eksklusif mendarat di situs Anda melalui pencarian online?

Jika lebih banyak dari pelanggan menggunakan media sosial, maka sebagian besar anggaran pemasaran ditujukan untuk iklan di media sosial. Perluas pula etalase online Anda dengan menyertakan Facebook dan Instagram Shops. Untuk eksposure yang lebih tingga, Anda dapat menyiapkan lebih banyak anggaran untuk pencarian berbayar (paid search).

5. Bangun bisnis dengan strategi pertumbuhan

Untuk mengembangkan bisnis dari waktu ke waktu, Anda memerlukan strategi pertumbuhan. Bagaimana Anda berencana mengembangkan bisnis Anda? Apa inovasi utama yang dibawa bisnis Anda ke komunitas Anda? Apa keunggulan kompetitif Anda dan bagaimana hal itu berkontribusi pada bisnis Anda dalam mempercepat pasar?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tahap awal membangun bisnis adalah mendefinisikan strategi pertumbuhan dengan kata-kata Anda sendiri.

Kemudian pertimbangkan apakah Anda membayangkan bisnis untuk berkembang secara vertikal, menambahkan lebih banyak fitur ke produk Anda, atau secara horizontal, dengan mereplikasi model bisnis Anda di lokasi baru atau meluncurkan produk yang sama sekali berbeda.

Mulailah dengan membangun bisnis dalam benak Anda sehingga ketika saatnya tiba, strategi pertumbuhan Anda tepat sasaran dan efisien.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top