Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pandemi Virus Corona Ajarkan Pengusaha Lihat 6 Peluang dan Tren Bisnis Baru

Sebelum pandemi virus corona, standar kebersihan mungkin tidak seketat sekarang, Covid-19 telah mengubah semua kebiasaan lama.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 10 Februari 2021  |  19:39 WIB
Ada beberapa bisnis baru yang bisa menjadi ide dan dilahirkan selama pandemi virus corona - Sheknows
Ada beberapa bisnis baru yang bisa menjadi ide dan dilahirkan selama pandemi virus corona - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 memperkenalkan kita kepada beberapa tren di pasar yang sedang tumbuh dan membuka peluang lain dalam sejumlah sektor bisnis khusus.

Dilansir melalui Forbes, para wirausahawan dan pemilik usaha kecil harus memperhatikan tren yang berkembang serta ekspektasi untuk setahun ke depan, tidak peduli seberapa kecil tren tersebut sekarang karena beberapa dari mereka akan berkembang atau berputar ke pasar yang lebih besar.

Meskipun beberapa tren dan peluang yang tercantum di bawah ini tampak umum atau Anda mungkin sudah pernah melihatnya, daftar di bawah ini telah membawa sedikit banyak perubahan pada sektor bisnis masing-masing.

Beberapa akan bertahan dan berkembang dan yang lainnya akan pergi, kembali ke tempat asalnya.

Namun, bagaimanapun juga, Anda dituntut bijaksana untuk meninjau tren dan melihat apakah ada peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk meluncurkan perusahaan atau bahkan melihat ke depan dan mulai mengerjakan produk atau layanan generasi berikutnya.

1. Glamping.

Berkemah berarti beberapa hal bagi banyak orang. Bagi beberapa orang kemah dilakukan di alam bebas, bagi sebagian orang lainnya, berkemah juga harus dilakukan dengan gaya. Glamping atau glamour camping menggabungkan perjalanan pengalaman adalah cara otentik untuk terhubung dengan alam.naik Glamping daun bahkan sejak sebelum virus merebak.

2. Kit pembuat roti.

Siapa yang tahu bahwa di 2020 kita akan melihat tren memanggang dan kue sendiri dari rumah? Anda pasti mengira ini seperti kembali ke tahun 1960-an di mana orang biasan roti sega. Karena semakin banyak orang yang ingin makan dengan baik dan menjadi lebih sehat, secara umum hal-hal baik seperti membuat makanan sendiri akan kembali

3. Tren sepeda listrik akan bertahan.

Sepanjang tahun lalu, tren e-bike benar-benar mulai meningkat. Komunitasnya terdiri baby boomer hingga gen z. Tren e-bike tampaknya tidak akan pergi ke mana-mana sepanjang tahun ini. Di kota-kota perkotaan besar, orang-orang akan mengganti skuter kecil dan moped dengan e-bike karena biayanya yang relatif lebih murah. Dari segi penjualan atau perbaikan, segmen industri ini akan tumbuh secara dramatis.

4. Kebersihan jadi hal penting.

Sebelum pandemi, standar kebersihan mungkin tidak seketat sekarang, Covid-19 telah mengubah semua kebiasaan lama. Baik di rumah, pasar komersial atau lokasi bisnis, kegiatan bebersih jadi bidang bisnis yang benar-benar baru. Perusahaan dan bisnis komersial mencari produk dan layanan pembersih terbaru yang akan memastikan bahwa lingkungan mereka bersih dari “virus”.

5. Sertifikasi menjadi lebih berharga.

Sertifikasi online atau offline memberikan pengembalian investasi yang luar biasa, baik dalam hal waktu dan sumber daya. Kita membutuhkan waktu tiga hingga lima tahun untuk menyelesaikan pendidikan tinggi sebagai sarjana. Sedangkan, program sertifikasi online berjalan tidak lebih dari beberapa minggu atau beberapa bulan, tergantung pada bidang studi. Seiring dengan pertumbuhan sertifikasi, terdapat peluang bagi startup baru untuk membedakan jenis sertifikasi di pasar

6. Tur virtual

Sebelum Covid, kita semua telah melakukan beberapa video call. Dengan pandemi dan pekerjaan jarak jauh diberlakukan, kita semua melakukan panggilan video dan terus terang, semua orang semakin lelah.

Beberapa pengelola taman bermain dan museum membuka akses tur virtual agar kita bisa melakukan relaksasi seperti sedang mengunjungi destinasi liburan padahal kita sedang ada di balik layar.

Melihat peluang ini, pada September 2020, Amazon Explore diluncurkan dalam versi beta yang mencakup berbagai pilihan mulai dari tur jalan kaki virtual di kota-kota dan mengunjungi landmark hingga kursus memasak.

Tur virtual Amazon Explore di Praha akan menelan biaya US$85 untuk sesi 60 menit dan tagihannya dikirim ke akun Prime Anda di Amazon. Pasar ini akan tumbuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha kebersihan tips bisnis pebisnis
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top