Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekayaan Bertambah, Warren Buffet Bergabung dengan Klub Eksklusif US$100 Miliar

Menurut CEO Berkshire Hathaway Inc. itu, aset perusahaan telah mengakumulasi yield sebesar 9,4%.
Warren Buffet
Warren Buffet

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Rabu (10/3), kekayaan Warren Buffett mencapai US$100 miliar ketika investor mendongkrak harga saham perusahaannya, Berkshire Hathaway Inc, ke level rekor US$400.000 per unit.

Dilansir melalui Entrepreneur, hal ini terjadi setelah perusahaan taipan melaporkan peningkatan hasil operasinya pada kuartal keempat tahun lalu, meskipun terjadi pandemi.

Menurut CEO Berkshire Hathaway Inc. itu, aset perusahaan telah mengakumulasi yield sebesar 9,4%.

Ketika Buffett mengambil alih Berkshire, itu adalah perusahaan tekstil yang bangkrut. Namun, dia sekarang memiliki lebih dari 90 bisnis dan, tahun lalu, memiliki saham senilai US$281,2 miliar.

Kekayaan miliarder berusia 90 tahun itu akan jauh lebih besar jika, pada tahun 2006, dia tidak mulai menyumbangkan sebagian dari saham Berkshire miliknya ke Bill & Melinda Gates Foundation dan empat badan amal lainnya.

Buffett saat ini menempati urutan kelima dalam daftar orang terkaya dunia, menurut Forbes, dengan kekayaan US$100,7 miliar.

Dia berada satu peringkat di bawah Bill Gates yang menempati urutan keempat dengan kekayaan bersih sebesar US$126,4 miliar.

Dilansir melalui BBC, sementara Buffett telah nama tetap di puncak peringkat kekayaan dunia selama beberapa dekade, kekayaan pribadinya belum pernah mencapai US$100 miliar hingga sekarang.

Salah satu alasannya adalah sumbangan amalnya yang cukup besar - dia telah memberikan lebih dari US$37 miliar saham Berkshire Hathaway sejak 2006.

Buffett adalah salah satu pendiri Giving Pledge, sebuah kampanye untuk mendorong gerakan filantropi di kalangan miliarder.

Mackenzie Scott, mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos, juga telah bergabung dengan organisasi tersebut dan memberikan lebih dari US$4 miliar kekayaannya hanya dalam kurun empat bulan tahun lalu.

Anggota kelima dari kelompok eksklusif US$100 miliar ini adalah Bernard Arnault dari LVMH dan keluarganya.

Adapun, salah satu pendiri Facebook Mark Zuckerburg baru saja keluar dari peringkat eksklusif tersebut, menurut daftar miliarder real-time Forbes.

Sepanjang tahun ini harga saham Berkshire Hathaway Inc. naik 15% dan melampaui US$400.000 per saham.

Perusahaan investasi itu telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir untuk menemukan kesepakatan untuk memicu pertumbuhannya mengingat ukurannya yang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper