Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat Efektif Pasarkan Produk UMKM dengan Platform Digital

Seiring dengan tren belanja daring, kemampuan kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan platform digital sangat penting untuk menjangkau lebih banyak konsumen, terutama menjelang Ramadan.
Tren Digital. masyarakat lebih banyak menggunakan internet untuk merayakan kebersamaan di bulan suci Ramadan 2020. /ANtara
Tren Digital. masyarakat lebih banyak menggunakan internet untuk merayakan kebersamaan di bulan suci Ramadan 2020. /ANtara

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan tren belanja daring, kemampuan kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan platform digital sangat penting untuk menjangkau lebih banyak konsumen, terutama menjelang Ramadan.

Marketing Director Kantar Indonesia Fanny Murhayati membagikan beberapa kiatnya untuk pelaku UMKM memanfaatkan platform digital guna memasarkan produk lebih efektif dan bisa menjangkau banyak orang, terutama menjelang Ramadan.

Hal ini didorong data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menunjukan masyarakat lebih banyak menggunakan internet untuk merayakan kebersamaan di bulan suci Ramadan 2020. Angka peningkatannya meningkat sebanyak 40 persen dari Ramadan dan Idulfitri 2019.

"Sehingga, memang peningkatan aktivitas di internet ini bisa ikut dimanfaatkan brand dan pelaku UMKM untuk memasarkan bisnisnya dengan efektif," kata Fanny seperti dikutip Antara, Selasa (16/3/2021).

Berikut empat kiat dari Fanny.

Pertama, adalah bagaimana membuat konten tersebut relevan dengan para pengguna (aplikasi/platform digital). Menurut Fanny, membuat konten yang relevan dapat menimbulkan kedekatan emosional dengan pengguna, yang mungkin nantinya bisa menggugah minat mereka untuk membeli produk yang dipasarkan.

Kedua, adalah bagaimana pelaku UMKM mampu menyesuaikan produk dan kontennya dengan kondisi saat ini. Misalnya karena pandemi yang sudah berjalan selama satu tahun, mendorong jasa antar barang lebih diminati masyarakat. Dengan pendekatan tersebut, bisa membuat produk dan brand menjadi lebih sesuai dan menarik.

Ketiga, selain membuat produk menjadi relevan, langkah selanjutnya adalah bagaimana pemilik usaha membuat konten yang variatif di dashboard / feed media sosialnya. "Jadi, jangan semua (konten) diisi dengan iklan, karena pengguna pasti akan bosan. Berikan variasi konten kreatif seperti informasi unik hingga edukasi dan hiburan," kata Fanny.

Keempat, adalah pastikan dan yakinkan calon konsumen bahwa produk kita aman, baik dari sisi kesehatan dan higienitasnya, karena sekarang konsumen memprioritaskan hal tersebut di masa pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper