Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Metrik di Apple Watch Ini Penting untuk Diperhatikan Tiap Pengusaha

Anda kini tidak hanya dapat menggunakan Apple Watch Anda untuk tampil gaya tapi juga mengembangkan potensi diri.
Apple Watch 2/dailyone.co
Apple Watch 2/dailyone.co

Bisnis.com, JAKARTA -- Wirausahawan sering kali menantang diri sendiri ketika pekerjaan hariannya tidak menuntut banyak kegiatan fisik.

Mengubah tantangan fisik, dari kerja pikiran menjadi kerja tubuh lambat laun menjadi sebuah kebiasaan.

Tetapi memikirkan kesuksesan kinerja bisnis dalam kaitannya dengan fisik sebenarnya bisa berbahaya.

Dilansir melalui Entrepreneur, secara khusus saat kita mencapai usia akhir tiga puluhan hingga empat puluhan, kita ingin melihat seberapa kuat tubuh kita bekerja hingga akhirnya menyerah.

Untuk jangka panjang, kebiasaan ini dapat menyebabkan tubuh dan pikiran mengalami burnout.

Data dari Apple Watch dan wearable ternyata dapat menjadi sumber data yang dibutuhkan seseorang terkait dengan pengembangan pribadi dan membantu meningatkan kinerja bisnis jangka panjang.

Data yang dikumpulkan seperti detak jantung ternyata sangat menarik untuk ditelusuri.

Metrik yang paling penting bagi wirausahawan untuk diperhatikan dan ditingkatkan adalah HRV (Variabilitas Denyut Jantung).

HRV adalah varian waktu antara detak jantung Anda. Jantung kita bukanlah metronom, melainkan harus bekerja seperti mesin mobil sport yang disetel dengan baik, berputar ke atas dan ke bawah secara responsif.

Umumnya, semakin banyak variasi, semakin baik, karena kita ingin hati kita menjadi gesit dan adaptif dengan lingkungan kita.

HRV pada dasarnya mengukur kesiapan hati Anda untuk melakukan dan bereaksi terhadap tuntutan yang kita tempatkan pada tubuh kita.

Pikirkan detak jantung istirahat rata-rata Anda sebagai indikator kesehatan kardiovaskular.

Pikirkan HRV sebagai kemampuan tubuh Anda untuk beradaptasi untuk berubah dengan cepat.

Apa yang lebih baik bagi wirausahawan selain kemampuan beradaptasi dan berubah dengan cepat sesuai kondisi dan beban kerja?

Jika Anda rutin berolahraga, perhatikan durasi dan intensitasnya. Terlalu banyak olahraga bisa menyebabkan kelelahan.

Periode olahraga yang intens justru akan menurunkan HRV Anda, memberi indikasi bahwa kita perlu istirahat.

Jangan lupa juga bahwa tidur merupakan faktor penting dalam HRV. Secara spesifik, faktor ini paling berkorelasi dengan kualitas dan konsistensi tidur Anda.

Sangat mudah untuk beralih dari laptop di siang hari ke ponsel sebelum tidur, tetapi ini dapat mengganggu jadwal tidur kita. Jaga diri Anda seperti yang Anda lakukan pada anak kecil, dan lakukan waktu tidur yang teratur.

Selalu ingat untuk mendapatkan asupan air yang cukup setiap hari karena ini juga berpengaruh terhadap HRV Anda serta hindari konsumsi minuman beralkohol.

Bagi wirausahawan yang sibuk, mampu mendorong diri sendiri tidak diragukan lagi merupakan sifat yang sangat baik untuk dimiliki.

Untuk bisa dapat terus bekerja dengan performa dan hasil terbaik untuk jangka waktu yang lamaguna membangun bisnis yang hebat, HRV adalah metrik yang bagus untuk ditelusuri dan diperbaiki kualitasnya.

Dengan melakukan itu, Anda akan mempersiapkan diri untuk kinerja jangka panjang yang hebat dan membangun kapasitas Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper