Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak, Tiga Langkah Simpel Menjadi Seorang Konsultan

Apakah Anda ingin memulai bisnis konsultasi tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Menjadi seorang konsultan haruslah lebih paham dan menguasai hal yang menjadi permintaan dari klien.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  14:23 WIB
Konsultan karier dan pendiri perusahaan sumber daya manusia Careers in Transition Dr. Indigo Triplett.  - JIBI/Nurul Hidayat
Konsultan karier dan pendiri perusahaan sumber daya manusia Careers in Transition Dr. Indigo Triplett. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Apakah Anda ingin memulai bisnis konsultasi tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Menjadi seorang konsultan haruslah lebih paham dan menguasai hal yang menjadi permintaan dari klien.

Seperti halnya bisnis apa pun, bisnis layanan apapun akan berkembang seiring waktu jika tidak mempunyai strategi yang tepat.

Melansir dari entrepreneur, Jumat (7/5/2021), berikut adalah tiga langkah untuk memulai bisnis konsultasi :

1. Lakukan Inventarisasi Sendiri

Kepercayaan diri akan memperkuat bisnis Anda bahkan sebelum memulai. Jadi, mari perjelas layanan yang dapat Anda tawarkan dengan percaya diri berdasarkan pengalaman dan bidang minat sebelumnya.

Buka spreadsheet dan catat semua aktivitas pekerjaan yang pernah dijalani dalam satu kolom, termasuk pekerjaan sukarela atau organisasi tempat Anda bergabung.

Di kolom kedua, catat semua tanggung jawab, alat, dan proses terkait yang terkait dengan peran. Anda mungkin dapat mengangkat sebagian besar informasi ini dari resume atau profil LinkedIn pribadi.

2. Tentukan Industri yang Ingin Ditangani

Memperjelas target audiens akan membantu lebih mengasah penawaran layanan dan mempersiapkan untuk penelitian yang akan Anda lakukan. Pilih industri berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya atau minat pribadi.

Dan, Anda juga harus sadar bahwa setiap industri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kontrak pemerintah bisa sangat menguntungkan tetapi mungkin memiliki proses administrasi yang panjang dan membosankan.

Di sisi lain, bisnis kecil dapat memberi Anda peluang untuk berdampak besar pada individu, tetapi mereka mungkin tidak memiliki anggaran yang Anda cari berdasarkan pendapatan. Dalam hal ini, jika mempertimbangkan opsi bagi hasil, mungkin Anda harus meninggalkan peluang tersebut.

Anda dibayar sebanding dengan kesulitan masalah yang diselesaikan. Jadi, jika ingin meningkatkan pendapatan, pilih industri dengan masalah yang lebih sulit dan mahal. Pastinya beberapa dari Anda mungkin mencari kebebasan dan kepuasan finansial. Dalam hal ini, pastikan untuk memilih industri yang memberi Anda lebih dari sekadar gaji.

3. Teliti Masalah Mereka dan Kembangkan Solusi

Ini memang ini bukan tentang uang, tetapi pasti Anda memiliki tagihan yang harus dibayar dan gaya hidup yang harus didukung. Sayangnya, di sinilah banyak konsultan gagal, mereka menciptakan solusi untuk masalah yang tidak ada atau tidak cukup berdampak bagi klien untuk membayar dengan biaya yang memadai.

Anda dapat menghindari jebakan ini dengan melakukan penelitian mendalam tentang masalah audiens target dan solusi yang mereka cari. Kemudian, buat layanan yang mengatasi tantangan ini berdasarkan bidang keahlian yang telah Anda identifikasi di langkah pertama.

Gunakan intuisi sejak awal untuk menilai apakah prosesnya tampak memakan waktu dan membosankan.

Itulah mengapa Anda harus benar-benar menikmati apa yang dilakukan, dan untuk siapa melakukannya. Ini akan menantang, tetapi tidak membingungkan. Selain itu, Anda tidak harus memulainya dari awal jika gagal.

Lihatlah bagaimana konsultan lain menyajikan layanan mereka. Penawaran layanan Anda harus lugas dan ringkas, kepribadian Anda adalah ciri khas. Hal itu Itu juga bagaimana Anda pada akhirnya akan membangun merek pribadi Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konsultan entrepreneur pemula
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top