Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Yuk, Ide Bisnis Modal Minim Tapi Menguntungkan Berikut Ini

Digital marketing saat ini bukan hanya jadi karier yang bayaran yang menggiurkan. Tapi juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 14 Juli 2021  |  16:40 WIB
Cek Yuk, Ide Bisnis Modal Minim Tapi Menguntungkan Berikut Ini
Ilustrasi - Thenewspaperworks
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Peluang usaha akan tetap ada mengikuti tren pasar yang dinamis, meski di tengah pandemi.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal minim tapi cuan banyak, berikut ide yang bisa Anda kembangkan dikutip dari Lifepal.id:

1. Agen asuransi online

Belakangan ini, profesi agen atau mitra asuransi kian populer, dikarenakan pengetahuan masyarakat atas pentingnya asuransi semakin meningkat sehingga minat masyarakat dalam produk asuransi ini juga bertumbuh pesat.

Banyak agen asuransi yang sukses mengantongi puluhan juta rupiah setiap bulannya sebagai komisi saat sukses menjual produk asuransi untuk melindungi nasabahnya dari resiko finansial.

Pekerjaan ini juga kian populer karena waktu kerja yang fleksibel dan tanpa komitmen. Semakin banyak produk yang terjual dan semakin banyak rekan yang bergabung menjadi mitra, semakin banyak pula uang yang dikantongi.

2. Jasa perantara jual barang-barang hypebeast

Tren hypebeast sedang menjamur di kalangan anak millenial.

Tentu saja, di balik gaya hidup glamor tersebut ada sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan. Salah satunya dengan memanfaatkan akun Instagram atau forum jual beli, kumpulkan followers, dan bukalah jasa perantara.

3. Membuka kursus online

Entah itu bidang musik, marketing, bahasa asing, atau mungkin olahraga, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjadi kursus online. Membuka kursus online berbentuk webinar sesuai dengan keahlian Anda bisa jadi peluang.

4. Penyewaan kamar

Sewa kamar memang sangat berguna memiliki rumah yang terletak di wilayah strategis dan memiliki satu kamar kosong. Dengan bantuan promosi online dengan Airbnb, Tiket.com, Airy Room, dan lain sebagainya, maka akan mempermudah cari pelanggan.

5. Jasa digital marketing

Digital marketing saat ini bukan hanya jadi karier yang bayaran yang menggiurkan. Tapi juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Digital marketing itu juga sangat luas. Namun yang paling sering dicari adalah jasa pembuatan webiste.

6. Jasa pembuatan konten

Setiap website dan media sosial milik sebuah perusahaan tentu butuh konten. Sementara itu, tidak semua pengusaha mampu menjadi kreator konten yang menarik.

Jasa ini pun kian dibutuhkan dan menjadi kerja sampingan dari banyak orang yang piawai menulis, desain grafis, atau membuat video.

Untuk bisa menjadikan ini sebagai usaha, modal awalnya adalah portofolio. Rangkumlah portfolio dengan baik dan masuklah ke portal-portal pencari kerja freelance untuk melihat peluang usaha yang ada.

7. Blogger atau Penulis Lepas

Tugas utama pelerjaan ini adalah menulis konten usaha untuk pihak lain. Anda dapat memanfaatkan situs pribadi untuk memasarkan produk orang lain, dan mereka akan membayar jasa tersebut.

Anda juga bisa menawarkan jasa untuk menulis konten iklan atau konten pemasaran kepada perusahaan yang sedang butuh jasa.

Sesuai namanya, yakni penulis lepas, maka tarif yang akan di dapat sesuai dengan kesepakatan di awal dengan pihak yang memakai jasa.

8. Waralaba makanan dan minuman

Sebagai pebisnis pemula, peluang bisnis dengan membuka waralaba makanan dan minuman bisa dicoba. Usaha yang satu ini bahkan bisa dimulai dengan modal Rp2 jutaan saja. Belum lagi, Anda tak perlu direpotkan untuk membangun merek dari nol. Saat membeli waralaba, maka kita hanya melanjutkan pemasaran yang sudah dilakukan perusahaan induk.

9. Angkringan, jajanan pasar dan gorengan

Tak hanya bjadi usaha sampingan di desa, angkringan juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan untuk menghasilkan cuan di perkotaan.

Saat masyarakat kota rindu dengan nuansa desa, maka hadirkanlah angkringan.  Di malam hari, tempat ini tentunya bisa jadi tempat tujuan bagi para karyawan kantor atau warga setempat yang tengah kelaparan. Angkringan juga bisa jadi referensi buat mereka mencari tempat makanan murah.

Sampai kapan pun dan dimanapun, jajanan pasar yang murah meriah tetap akan diminati.
Bermodalkan uang Rp1 jutaan sudah bisa membuat aneka jajanan pasar.

Kendati disebut sebagai jajanan tidak sehat, tapi berjualan gorengan bisa jadi bisnis modal kecil dengan cuan yang menjanjikan.  Sebulan saja sudah bisa balik modal jika jualan setiap hari.

12. Jajanan kuliner bakso, bubur ayam, gado-gado

Kuliner ini juga selalu ada di mana-mana, tak hanya di kota besar. Karena bakso juga merupakan kuliner khas Indonesia, maka wajar saja jika menjadi salah satu peluang usaha. Anda bisa membuka lapak bakso di garasi rumah atau berkeliling dengan gerobak.

Gerobak lengkap dengan roda untuk berjualan keliling biasanya seharga Rp1,3 jutaan.  Sementara itu, biaya untuk membeli bahan baku dan peralatan juga cukup dengan uang Rp2 jutaan, dan peralatan makan Rp700 ribuan juga cukup.

Modal usaha bubur ayam juga tidak mahal, mirip-mirip dengan bakso. Bermodalkan Rp3,8 juta sudah bisa dapat dandang stainless, kompor gas, regulator, tabung, beras putih 5 kilogram, bumbu, daging ayam, serta peralatan makan.
Dengan harga seporsi Rp12 ribu saja, jika ada 30 orang pelanggan sehari bisa raup omzet hingga Rp3,6 juta.

Dengan modal Rp2,8 juta, Anda sudah bisa memulai usaha gado-gado untuk membeli gerobak, ulekan batu, pisau, bahan baku untuk satu hari, serta peralatan makan. Jualan gado-gado menjadi salah satu pilihan bisnis modal kecil terbaik.

13. Les privat

Les privat tentu bisa jadi salah satu peluang bisnis rumahan yang mimi budjet. Les bisa mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing, musik, atau bentuk keterampilan lainnya. Usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional. Tapi ingat, demi menjalankan usaha yang satu ini, perlu memiliki modal berupa keterampilan yang akan diajarkan ke orang lain.

14. Laundry sepatu

Laundry baju jelas mahal, tapi laundry sepatu tidak. Apalagi, pemilik sepatu mahal memerlukan perawatan yang ekstra.

15. Cuci steam motor

Tidak sedikit orang malas dalam urusan cuci motor. Itu sebabnya jasa cuci steam motor masih jadi peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan di tahun ini. Cukup membeli mesin seharga Rp1,5 juta, sabun, dan peralatan lain.

16. Warung kopi dan warung makan

Warung kopi dengan modal Rp3 jutaan sudah bisa dijalankan. Apalagi kalau di dalamnya tersedia juga menu Indomie telor dan kornet, pasti bisa makin laris.

Membuka usaha ini di rumah tentu cukup menguntungkan. Selain biayanya murah dan tak perlu sewa tempat, bahan bakunya juga sangat mudah dicari. Cara pemasarannya pun cukup mudah.

Peluang usaha warung makan rumahan tentu merupakan ide yang menjanjikan. Terutama jika rumah Anda memang terletak di dekat perkantoran, mengingat banyak sekali karyawan yang kebingungan cari makan siang.
Tak perlu mahal-mahal, dengan modal Rp4 juta saja sudah bisa belanja peralatan masak, peralatan makan, serta bangku dan meja plastik dalam kondisi baru. Mau yang secondhand juga ada dan pastinya lebih murah.

17. Sanggar senam mini

Jago dalam urusan olahraga? Punya sertifikasi trainer dari lembaga yang kredibel? Tak ada salahnya buka studio senam di rumah untuk usaha sambilan atau bisnis utama. Membuka tempat olahraga ini tidak mahalsemua tergantung dari olahraganya. Jika cuma senam, zumba, atau yoga, biayanya masih terjangkau dan bisa jadi ide usaha rumahan. Anda hanya membutuhkan, speaker, kaca besar, dan matras puzzle yang cukup untuk menampung setidaknya 20 orang.

Perhitungan omzetnya juga sederhana, semua tentu tahu bahwa bisnis tempat olahraga ini sifatnya adalah membership. Satu member diharuskan membayar biaya membership sesuai dengan berapa pertemuan latihan yang ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top