Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Tips Memulai Bisnis Salon, Agar Sukses dan Banyak Pelanggan

Ketika Anda baru memulai bisnis, maka mungkin sulit untuk memutuskan berapa biaya yang akan dikenakan untuk layanan Anda.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 27 Agustus 2021  |  19:42 WIB
Salon - sohohair.ca
Salon - sohohair.ca

Bisnis.com, JAKARTA - Salon rambut dapat bisa menjadi bisnis yang stabil dan dapat menguntungkan Anda. Namun Anda memerlukan rencana dan berbagai persiapan yang baik.

Kecantikan merupakan bisnis yang cenderung stabil, dan terkadang tidak berpengaruh selama resesi ekonomi. Industri kecantikan dalam pertahunnya juga bernilai sekitar US$532 miliar atau Rp7,6 Kuadriliun.

Walaupun dapat dikatakan bisnis kecantikan adalah hal yang aman, namun meluncurkan bisnis kecantikan dapat menjadi proses yang menantang, membutuhkan kesabaran dan pengetahuan.

Maka untuk meminimalisir kegagalan, berikut 10 tips bagi Anda untuk membangun bisnis salon yang sukses, yang dilansir dari Businessnewsdaily pada hari Selasa (16/06/20).

1. Buatlah rencana bisnis salon Anda

Mempersiapkan rencana bisnis adalah langkah pertama yang dapat Anda lakukan ketika memulai bisnis. Hal ini dapat membantu Anda memberikan tujuan yang jelas, bagaimana mencapainya, dan ide yang perlu Anda lakukan agar bisa berjalan sukses.

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik dalam perkembangannya dan trennya. Anda juga harus memiliki gagasan yang kuat tentang audiens target Anda.

2. Perhatikan hukum dan peraturan setempat Anda

Hukum dan peraturan tentunya berbeda berdasarkan lokasi Anda. Lakukan riset dan pastikan anda mematuhi peraturan di negara Anda, atau di lokasi Anda. Jika Anda perlu melakukan penyesuaian, maka lakukan dari awal sehingga dapat menghindari kemungkinan penghentian operasi Anda nanti.

Beberapa lisensi umum, peraturan dan izin yang diperlukan contohnya seperti Lisensi salon, lisensi tata rias, Nomor Identifikasi Pemberi Kerja (EIN), Izin mendirikan bangunan, kebersihan dan Persyaratan OSHA.

3. Temukan cara untuk membuat salon Anda menonjol

Pastikan Anda memiliki fokus identitas dan kembangkan bisnis Anda dari sana. Anda juga dapat mengembangkannya pada keunikan dalam staff Anda yang sangat perhatian, pengalaman, dan lain-lainnya. Anda juga harus dekat dengan pelanggan Anda.

4. Bicaralah dengan distributor

Bicaralah dengan distributor Anda, terutama untuk perlengkapan salon seperti kursi, cermin, tempat cuci, pengering, sampo, kondisioner, peniti, dan sikat. Pastikan ketika Anda mencari distributor, Anda harus berbelanja dengan hati-hati dan pertimbangkan setiap prospek.

5. Kembangkan basis klien yang loyal

Sebagai pemilik salon, Anda dapat menempatkan klien Anda dan pengalaman mereka di urutan teratas daftar prioritas Anda, sehingga klien yang loyal dengan salon Anda akan semakin banyak

6. Pilih lokasi yang tepat untuk membuka salon Anda.

Pilihlah lokasi yang terbaik, karena pengeluaran terbesar juga berasal dari lokasi Anda. Pilihlah lokasi yang padat penduduk dan mudah diakses dengan mobil atau transportasi umum. Pastikan juga Anda cukup jauh dari kompetitor yang menawarkan layanan yang sama dengan salon Anda.

7. Pekerjakan seorang desainer

Jika Anda memiliki kemampuan finansial maka menyewa seorang desainer untuk membantu Anda membuat salon dapat menjadi strategi yang baik. Seorang desainer dapat membantu Anda menentukan tampilan dan nuansa keseluruhan yang konsisten dengan gambar yang ingin Anda proyeksikan.

8. Fokus pada staff Anda

Salon Anda dapat berkembang dengan baik, jika orang yang Anda pekerjakan juga baik. Kecantikan adalah industri pribadi, sangat penting untuk mempertahankan staf yang terampil, berpengetahuan dan ramah.

9. Pikirkan klien Anda

Kumpulkan umpan balik dari klien Anda, mengenai tentang apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Uraikan dalam rencana bisnis Anda dan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan klien.

10. Bijaksana dalam mengeluarkan biaya

Ketika Anda baru memulai bisnis, maka mungkin sulit untuk memutuskan berapa biaya yang akan dikenakan untuk layanan Anda. Lakukanlah riset dan dapatkan gambaran besar secara kasar mengenai apa yang dapat Anda bebankan dan pertimbangkan dengan layak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis salon
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top