Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Kesehatan Paling Tumbuh Selama Pandemi, Simak 10 Tips Cara Bangun Bisnisnya

Selain dari pandemi, usaha kesehatan sendiri juga akan terus berjalan mengingat seiring bertambahnya usia, maka jumlah pasien dengan penyakit kronis juga dapat meningkat.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Pada Kuartal III/2021, diketahui bahwa dalam produksi pertumbuhan terbesar berada di Lapangan Usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial.

Jika dilihat lebih lanjut, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial tumbuh signifikan yakni sebesar 16,10 persen. Hal ini lantaran adanya faktor dari pandemi dan adanya dampak dari PPKM hingga mobilitas masyarakat menjadi berkurang.

Selain dari pandemi, usaha kesehatan sendiri juga akan terus berjalan mengingat seiring bertambahnya usia, maka jumlah pasien dengan penyakit kronis juga dapat meningkat.

Untuk itu, terdapat beberapa wirausahawan yang mengambil tantangan dengan mencari solusi dengan mendigitalkan catatan klinis hingga memanfaatkan kecerdasan buatan untuk melakukan operasi jarak jauh.

Forbes memberikan beberapa tips untuk Anda jika ingin membangun bisnis kesehatan, terutama untuk di pasar negara yang berkembang. Terdapat 10 hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam membangun bisnis ini. Lebih lengkapnya yakni sebagai berikut.

1. Pahami target pasar

Karena perawatan kesehatan adalah sektor ekonomi yang luas, mengidentifikasi target pasar Anda sangat penting bagi kesuksesan perusahaan baru. Jika tidak, Anda berisiko mengejar strategi pemasaran buntu.

2. Bentuk kemitraan yang tepat

Perawatan kesehatan adalah bisnis yang rumit. kehidupan orang-orang akan secara langsung dipengaruhi oleh keputusan Anda. Untuk itu, dengan membangun kemitraan yang tepat, maka Anda akan membatasi risiko keuangan dan kewajiban klinis Anda.

3. Memahami solusi

Pastikan Anda mengetahui mengapa orang akan menggunakan solusi tersebut, apakah dapat membuat hidup mereka menjadi lebih mudah, dan apa solusi yang Anda tawarkan dibandingkan solusi lain yang gagal di pasar. Hal ini penting agar Anda tidak kehilangan jejak

4. Tetap bersemangat

Ketika Anda emosional, kapasitas pengambilan keputusan Anda terganggu. Hal ini dapat memengaruhi hasil akhir Anda. Ingatlah bahwa kesuksesan adalah hasil dari proses yang panjang dan menantang terutama dalam bidang perawatan kesehatan.

5. Pahami peraturan

Perawatan kesehatan adalah salah satu industri yang diatur, kompleks dan jika Anda membuat kesalahan maka kesalahan tersebut dapat mahal ataupun fatal. Sangat penting bagi wirausahawan layanan kesehatan untuk memahami ini dan memiliki ahli.

6. Sabar

Memulai bisnis perawatan kesehatan dari awal adalah tugas yang cukup rumit dan dapat memakan waktu yang lama. Dibutuhkan waktu untuk menguji secara luas dan menyeluruh ketika berhadapan dengan kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

7. Beri ruang untuk kesalahan

Di sektor yang kompleks seperti perawatan kesehatan, Anda harus memberikan ruang untuk kesalahan. Namun, penting untuk mengenali fakta bahwa kesalahan merupakan kesempatan untuk belajar dan meningkatkan produk atau layanan Anda. Jangan terlalu fokus pada mengapa kesalahan dibuat

8. Tetap ramping

Tujuan utama Anda sebagai wirausahawan layanan kesehatan adalah memaksimalkan nilai bagi Anda dan klien/pasien Anda. Membangun dan mempertahankan mentalitas ramping akan membantu Anda. Belajarlah untuk secara efisien mengidentifikasi tugas dan aktivitas bisnis Anda.

9. Kumpulkan tim yang tepat

Seperti di sektor lain, keberhasilan bisnis perawatan kesehatan Anda akan bergantung pada kemampuan dalam memimpin sejumlah profesional. Segala sesuatu mulai dari keuangan, pemasaran, operasi hingga layanan pelanggan harus dikelola secara efektif dan efisien.

10. Bersedia untuk berporos

Lanskap bisnis sering berubah, dan sektor perawatan kesehatan lebih dari yang lain karena pesatnya kemajuan teknologi. Kemampuan untuk menerima perubahan secara signifikan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper