Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sektor Waralaba yang Masih Berpotensi Tumbuh, Bisa Jadi Peluang Bisnis 2022

secara makro ekonomi, peluang bisnis waralaba sangat terbuka apalagi Indonesia memiliki domestic consumption yang sangat besar. Memang pada saat awal pandemi tak sedikit gerai waralaba yang harus tutup. Meski demikian, masih banyak yang bertahan dan malah dapat berkembang lebih pesat.
Aneka Franchise./Ilustrasi
Aneka Franchise./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Waralaba masih menjadi salah satu model bisnis yang banyak dipilih oleh masyarakat yang ingin mulai menjalankan usaha.

Sebab, melalui skema waralaba maka terwaralaba tidak perlu mengembangkan brand dari awal, hanya tinggal menjalankan bisnis yang sudah terbukti tangguh dan menguntungkan.

Berdasarkan data yang diolah dari Laporan Tahunan Kemendag 2020 dan sensus Badan Pusat Statistik 2016, sektor waralaba tercatat tumbuh stabil sebesar 5% per tahun dan mampu menghasilkan omset hingga Rp54,4 miliar dan menyerap hingga 628 ribu lebih tenaga kerja.

Terdapat setidaknya 93.000 gerai yang beroperasi dengan format waralaba. Dari data per Oktober 2021, bisnis waralaba didominasi oleh sektor usaha berbentuk jasa makanan dan minuman sebesar 58,37% dari keseluruhan bentuk sektor usaha. Disusul oleh sektor usaha waralaba ritel sebesar 15,31 % dan jasa pendidikan nonformal sebesar 13,40%.

Ketua AFI Anang Sukandar yang mengatakan secara makro ekonomi, peluang bisnis waralaba sangat terbuka apalagi Indonesia memiliki domestic consumption yang sangat besar.

Memang pada saat awal pandemi tak sedikit gerai waralaba yang harus tutup. Meski demikian, masih banyak yang bertahan dan malah dapat berkembang lebih pesat.

Setidaknya ada sejumlah bisnis waralaba yang masih memiliki peluang untuk terus bertumbuh. Pertama bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Ini tentu saja sejalan dengan data yang dirilis oleh Kemendag mengenai bisnis F&B sebagai yang paling mendominasi model usaha waralaba.

Kedua, usaha yang bergerak di bidang coffee shop. Menurutnya, bisnis coffee saat ini masih potensial apalagi Indonesia memiliki banyak kopi dari berbagai daerah dengan keunggulan dan keunikannya masing-masing.

Ketiga, bisnis retail yang selama pandemi ini masih terus bertumbuh mulai dari retail modern, toko apotek, dan lain sebagainya. Keempat, bisnis laundry yang juga masih memiliki prospek bisnis yang menggiurkan, serta bisnis jasa logistik yang di masa pandemi ini ikut bertumbuh seiring dengan banyaknya masyarakat yang berbelanja secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper