Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Pelajaran yang Dipelajari oleh Para Pengusaha di Masa Pandemi

Berikut beberapa pelajaran yang dapat Anda ambil dari pengusaha yang dilansir dari Entrepreneur (10/12/21). Hal ini dapat menjadi catatan untuk Anda agar bisnis Anda menjadi lebih baik.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  19:12 WIB
Tips bisnis planning - istimewa
Tips bisnis planning - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kewirausahaan merupakan hal yang sulit. Namun walaupun pandemi menjadi masa yang sulit, pengalaman ini juga menjadi kesempatan untuk bertumbuh.

Pandemi juga memberikan penghalang bagi para pengusaha hingga harus keluar dari jalur. Selain itu, dalam situasi pandemi membuat bisnis yang tidak siap akan menjadi gagal, namun yang siap akan bertahan bahkan menjadi peluang.

Berikut beberapa pelajaran yang dapat Anda ambil dari pengusaha yang dilansir dari Entrepreneur (10/12/21). Hal ini dapat menjadi catatan untuk Anda agar bisnis Anda menjadi lebih baik.

1. Tidak perlu melakukan berbagai hal dari kantor

Banyak bisnis besar dan kecil yang membutuhkan cara alternatif untuk berkomunikasi dengan pelanggan tanpa interaksi langsung. Anda dapat memanfaatkan Zoom, Google Meet, dan perangkat lunak virtual untuk membantu dalam berkomunikasi.

2. Kelincahan

Sim Aulakh, pendiri EstablishCred mengatakan bahwa Anda tidak akan pernah bisa mengendalikan keadaan di sekitar Anda, tetapi Anda bisa bersiap untuk apa pun yang mungkin terjadi dalam hidup Anda.

Pengusaha yang sukses dapat tanggap dan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan sambil tetap bertahan dengan visi misi mereka.

3. Pentingnya media sosial

Jika dahulu kehadiran secara online diragukan, ketika pandemi terjadi branding online menjadi prioritas tertinggi bagi seorang pengusaha. Jika pelanggan tidak dapat menemukannya secara online, maka mereka tidak akan ditemukan secara umum.

Akibatnya, banyak pengusaha mulai membangun merek mereka di platform media sosial seperti Instagram. Kedepannya media sosial juga akan menjadi alat yang penting untuk mengembangkan bisnis mereka.

4. Reputasi di Google

Sebelum pandemi, banyak pengusaha yang tidak menyadari dampak buruknya ulasan Google. Namun selama pandemi, jika Anda memiliki ulasan Google yang buruk, pelanggan cenderung tidak akan berbisnis dengan Anda.

5. Podcast menjadi hal yang baik untuk terhubung dengan pelanggan

Selama pandemi, podcast telah berkembang pesat dan banyak bisnis telah sangat sukses menggunakannya. Hal ini menjadi alat yang efektif untuk menghubungkan pelanggan yang ingin tahu lebih banyak tentang bisnis. Bahkan, kini cukup banyak podcast yang terkait dengan beberapa industri seperti gym, restoran, dan lain-lainnya.

Pandemi mengajarkan kita untuk mengikuti tren dan selalu beradaptasi dengan waktu. Dengan mengikuti tren pemasaran, maka bisnis Anda akan tetap berkembang walaupun berada di periode yang sulit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top