Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Metaverse Mendunia, Ini 6 Tips Bagi Bisnis Kecil Agar Berkembang

Berikut enam cara untuk memastikan bahwa bisnis kecil Anda dapat melewati transisi dan berkembang setelahnya.
Metaverse
Metaverse

Bisnis.com, JAKARTA - Metaverse menjadi perbincangan dalam dunia digital kini. Hal ini membuat berbagai bisnis mulai bergeser terutama dalam teknologi virtual.

Lalu, jika Anda merupakan pelaku bisnis kecil, apakah Anda siap untuk melakukan transisi ke metaverse?

Dengan banyaknya pengguna internet yang lebih banyak menghabiskan waktu secara online, momen ini perlu Anda manfaatkan untuk memikirkan kembali bagaimana dalam terhubung dengan audiens.

Dilansir dari Inc, Berikut enam cara untuk memastikan bahwa bisnis kecil Anda dapat melewati transisi dan berkembang setelahnya.

1. Ketahui niche Anda

Sulit untuk mengetahui tentang kapan ide metaverse awalnya muncul dan definisi yang disepakati tentang artinya untuk kita sekarang. Jadi, kunci pertama untuk memastikan bahwa bisnis kecil Anda siap menghadapi era ini adalah memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang Anda inginkan untuk merek Anda, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk mencapainya.

Hanya Anda yang dapat menentukan apa yang Anda ingin metaverse lakukan untuk bisnis Anda. Ini merupakan langkah pertama yang penting.

2. Mempertimbangkan untuk rebranding

Dengan inisiatif teknologi baru dan platform sosial akan memunculkan peluang branding baru. Ini adalah waktu yang tepat untuk melihat merek visual Anda dalam waktu lama.

Salah satu gagasan metaverse yang dapat diketahui adalah mengenai konentivitas. Anda dapat melakukan rebranding untuk mencerminkan nilai tersebut. Hal ini seperti memperbarui visual Anda, logo Anda, dan lain-lainnya.

3. Manfaatkan inisiatif oleh perusahaan besar

Tentang hal ini, apakah Anda mengetahui inisiatif antara Amazon dengan bisnis kecil? Hal ini dapat menjadi salah satu contohnya.

Anda dapat memanfaatkan peluang dan sumber daya ini. Kuncinya adalah menyadarinya dan memanfaatkan.

Perusahaan besar mungkin secara historis bukan teman terbaik bagi bisnis kecil, tetapi ada ruang untuk memberi dan menerima dalam metaverse.

4. Klaim dan perbarui bisnis Anda di mesin pencari (search engine)

Mengklaim dan mempertahankan kehadiran online Anda sangat penting untuk bisnis kecil di zaman ini. Tanpanya, Anda kehilangan peluang untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda atau bisnis itu sendiri, serta berisiko membuat pelanggan tidak menemukan informasi yang mereka butuhkan.

5. Jangan meninggalkan cara lama terlalu cepat

Walaupun Anda ingin segera melakukan inovasi, pastikan Anda jangan terburu-buru melakukan segala sesuatu secara virtual setiap saat.

Terdapat survey bahwa sekitar 68 persen dari mereka yang disurvei dalam studi Morning Consult mengatakan bahwa mereka tidak tertarik untuk terlibat dengan metaverse Meta.

Oleh karena itu, Inti dari bisnis yang baik sebenarnya adalah selalu memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jadi, bahkan saat Anda memposisikan perusahaan Anda untuk siap menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya, jangan cepat-cepat melupakan cara lama.

6. Tetap mudah beradaptasi

Untuk memastikan bahwa bisnis kecil Anda siap untuk apapun adalah selalu bersiap dan dapat beradaptasi. Terkadang, terlalu terpaku pada proyek realitas virtual besok dapat mencegah Anda melihat apa yang akan terjadi minggu depan.

Untuk itu, pastikan Anda dapat mengatasi perubahan selama dekade berikutnya dengan baik, yang juga mengembangkan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper