Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rahasia Pasangan Suami Istri Ini Sukses Berbisnis Bareng

Membangun bisnis bersama pasangan memang menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus dapat lebih memperkuat bahtera rumah tangga dengan saling mendukung satu sama lain.
pasangan suami istri Ika Puspa Sari dan Supriyadi
pasangan suami istri Ika Puspa Sari dan Supriyadi

Bisnis.com, JAKARTA - Membangun bisnis bersama pasangan memang menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus dapat lebih memperkuat bahtera rumah tangga dengan saling mendukung satu sama lain.

Ini pula yang dirasakan oleh pasangan suami istri Ika Puspa Sari dan Supriyadi yang sukses membangun bisnis Al-Mubarokah Herbal, toko yang menjual berbagai variasi madu, kurma, dan produk herbal lainnya.

Mulanya, bisnis tersebut hanya dijalankan sendiri secara offline oleh Gupi, panggilan akrab Supriyadi. Dia mulai dari depan rumahnya pada 2017 lalu hingga merambah berjualan secara online di e-commerce.

Sementara Ika, masih memilih bekerja sebagai dosen kebidanan, sambil sesekali membantu sang suami mengurus toko online yang dibangun di tahun 2018. 

Setelah satu tahun merintis usaha bersama, dagangan madu dan produk lainnya yang dilabeli brand Al-Mubarokah terus berkembang, baik secara offline maupun online.

Melihat peluang ini, dan juga didorong keinginan untuk memiliki waktu yang lebih fleksibel bersama keluarga, Ika memutuskan berhenti bekerja dan fokus membantu suami membesarkan Al-Mubarokah Herbal.

Dalam peranannya, Ika banyak mengambil bagian pada penjualan online di e-commerce, salah satunya Lazada. Dia pun fokus mempelajari semua fitur yang ada mulai dari cara upload foto dan menyusun deskripsi produk yang menarik, hingga strategi beriklan yang tepat.

“Membuka toko online di eCommerce memang tidak semudah kelihatannya. Namun dengan kesabaran dan ketekunan, walau sempat tertatih-tatih, ya ternyata kami bisa juga,” ujarnya.

Setahun membangun toko di Lazada, pesanan yang didapat toko Al-Mubarokah Herbal mengalami kenaikan pesat, dari awalnya hanya puluhan pesanan, terus bertambah hingga menjadi ribuan pesanan setiap harinya.

Berkat kegigihan keduanya, mereka pun kini mampu menjual hingga 300 kilogram madu dari berbagai varian di toko Al-Mubarokah Herbal di Lazada setiap harinya. Saat ini Ika dan Gupi dibantu oleh 6 orang karyawan untuk menjalani aktivitas toko online mereka.

Apalagi di masa pandemi ini, ketika banyak masyarakat yang membutuhkan imunitas tinggi sehingga produk herbal dan kesehatan menjadi salah satu produk yang cukup diminati oleh masyarakat.

Tantangan Berbisnis Bersama Pasangan

Meski telah meraih kesuksesan, tetapi dalam mengembangkan bisnis bersama pasangan tidaklah semudah yang dibayangkan. Ika dan Gupi pun mengaku pernah mengalami rintangan dalam membangun Al-Mubarokah Herbal, terutama karena perbedaan pendapat.

Meski demikian, keduanya berusaha untuk mengesampingkan perbedaan, bahkan dalam kerjasama bisnis ini mereka mengaku bisa menjadi lebih memahami karakter pasangan satu dan lainnya.

Bagi pasangan yang sedang memikirkan untuk membangun usaha bersama tetapi khawatir terlibat konflik, kunci utama menurut Ika dan Gupi adalah dengan saling meredam ego masing-masing dan berusaha mendengarkan pendapat pasangannya. 

“Saya dan suami memang memiliki pemikiran yang sangat berbeda. Tapi karena kami punya misi yang sama untuk mengembangkan usaha dan bisa memberikan manfaat untuk orang lain terutama yang bergantung pada usaha kami, maka kami selalu fokus pada tujuan bersama ini,” ujarnya.

Selain itu, Ika juga merasa lebih aman berbisnis bersama suami, karena ke mana pun dia pergi untuk kepentingan usaha, suami pasti akan menemani. Dia juga merasa lebih nyaman berdiskusi bersama pasangan karena sudah saling memahami karakter satu sama lain.

Tips lainnya, menurut Ika adalah dibuat pemisahan peran sehingga masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda. Tidak perlu mencampuri tanggung jawab pasangan, bila tidak dimintai pendapat.

Misalnya saja di Al-Mubarokah Herbal, Ika bertanggung jawab menangani toko online di, sedangkan suaminya fokus di sisi produksi. Strategi ini tidak hanya berhasil untuk hubungan Ika dan Gupi sebagai suami istri, tetapi juga untuk pertumbuhan usahanya. 

                                                           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper