Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ide Bisnis di Tahun 2022 untuk Ibu Rumah Tangga

Buat ibu rumah tangga yang ingin berbisnis, Anda dapat memulai bisnis dari hal yang Anda sukai. Jika Anda menyukainya, maka tentunya tidak akan terlalu memberatkan Anda.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  16:26 WIB
Pengusaha perempuan
Pengusaha perempuan

Bisnis.com, JAKARTA - Walaupun Anda seorang ibu rumah tangga, bukan berarti Anda tidak bisa memulai bisnis sendiri.

Semenjak pandemi, banyak potensi bisnis yang dapat Anda lakukan dari rumah. Dengan ini, maka Anda dapat berbisnis sambil memantau anak Anda.

Anda dapat memulai bisnis dari hal yang Anda sukai. Jika Anda menyukainya, maka tentunya tidak akan terlalu memberatkan Anda.

Untuk itu, berikut beberapa ide bisnis yang dapat Anda lakukan.

1. Catering atau Bakery

Ibu rumah tangga cukup identik dengan keahlian memasak akun membuat berbagai macam pastry. Jika anda memiliki keahlian di bidang tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis di bidang ini.

Anda dapat mencoba untuk membuat catering paket untuk seminggu atau 1 bulan, catering untuk diet, kue ulang tahun atau untuk acara tertentu, dan lain-lainnya.

Jangan lupa untuk memasarkan bisnis Anda, yakni lewat sosial media ataupun membagikan di grup teman Anda ataupun di grup keluarga.

2. Youtube / Tiktok

Platform YouTube dan tiktok dapat digunakan untuk menghasilkan uang tambahan.

Anda dapat mencoba untuk membagikan hal yang anda sukai seperti tips memasak, olahraga, kehidupan sehari-hari, dan lain-lainnya.

Jika anda telah populer, Anda bisa saja mendapatkan tawaran kerjasama dari berbagai brand yang tentunya akan menambah penghasilan Anda.

3. Freelance writer / Blogger

Kini banyak usaha yang membutuhkan peran dari seorang penulis. Hal ini untuk marketing, konten sosial media dan lain-lainnya.

Anda dapat mencoba untuk memulai bisnis ini. Jika anda ingin bekerja sendiri dan membahas mengenai hal-hal yang anda sukai, Anda dapat mencoba menjadi blogger.

Di dalam blog Anda dapat menulis mengenai makanan, travel, dan lain-lainnya. Anda juga bisa membuat blog di Instagram, dengan menambahkan foto-foto yang menarik.

4. Tanaman

Tanaman makin kian populer terutama semenjak pandemi. Tanaman dapat membantu melepaskan stress dan dapat membuat rumah atau halaman rumah menjadi lebih segar.

Jika Anda sendiri juga menyukai tanaman, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini. Anda dapat menawarkan lewat sosial media atau teman-teman di sekitar rumah Anda.

5. Kerajinan tangan

Jika Anda adalah orang yang kreatif dan memiliki keahlian dalan kerajinan tangan, Anda dapat menjual berbagai produk baik dari gantungan kunci, hiasan rumah, dan lain-lainnya.

Anda dapat memulai dari memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Anda juga dapat bekerja di rumah.

6. Jualan online / dropship

Tentunya jualan online akan memudahkan ibu rumah tangga, karena dapat menjalankan bisnis dari rumah.

Anda dapat mencoba untuk menjual barang-barang yang Anda sukai. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, maka Anda dapat mencoba menjadi dropshipper.

7. Membuka bimbingan belajar

Jika Anda menyukai anak-anak, sabar dan memiliki keahlian dalam pelajaran tertentu, maka Anda dapat mencoba membuka bimbingan belajar di rumah.

Anda juga bisa membuka bimbingan secara online, mengingat kondisi di masa pandemi. Dengan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang begitu besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis ide bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top