Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Hari Ini, 67 Tahun Lalu Hari Kelahiran Mendiang Steve Jobs

Melansir Britannica, Jobs dibesarkan oleh orang tua angkatnya di Cupertino, California, yang terletak di tempat yang sekarang dikenal sebagai Lembah Silikon.
Steve Jobs/entrepreneur
Steve Jobs/entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Steve Jobs, atau yang bernama lengkap Steven Paul Jobs, lahir 24 Februari 1955, San Francisco, California, AS dan meninggal 5 Oktober 2011, di Palo Alto, California.

Dia adalah salah satu pendiri Apple Computer, Inc. (sekarang Apple Inc.).

Melansir Britannica, Jobs dibesarkan oleh orang tua angkatnya di Cupertino, California, yang terletak di tempat yang sekarang dikenal sebagai Lembah Silikon. Meskipun ia tertarik pada teknik, gairah mudanya bervariasi. Dia keluar dari Reed College, di Portland, Oregon, bekerja di Atari Corporation sebagai desainer video game pada awal tahun 1974, dan menabung cukup uang untuk berziarah ke India guna merasakan ajaran Buddha.

Kembali ke Lembah Silikon pada musim gugur 1974, Jobs bertemu dengan Stephen Wozniak, mantan teman sekolah menengah yang bekerja untuk Perusahaan Hewlett-Packard.

Merekapun berbisnis bersama. Bisnis mereka, Apple I dibangun di garasi keluarga Jobs dengan uang yang mereka peroleh dengan menjual minibus Volkswagen Jobs dan kalkulator yang dapat diprogram milik Wozniak .

Pada Januari 1984, Jobs sendiri memperkenalkan Macintosh dalam demonstrasi koreografi yang brilian yang merupakan inti dari kampanye publisitas yang luar biasa. Ini kemudian akan ditunjuk sebagai pola dasar "pemasaran acara."

Pada akhir 1996 Apple, mengalami kerugian finansial yang besar dan di ambang kehancuran. Jobs dengan cepat menjalin aliansi dengan musuh lama Apple, Microsoft Corporation, dan menyederhanakan lini produk perusahaan.

Inovasi dia lakukan. Pada tahun 1998, Jobs memperkenalkan iMac, komputer one-piece berbentuk telur yang menawarkan pemrosesan berkecepatan tinggi dengan harga yang relatif sederhana dan memulai tren komputer mode tinggi. (Model berikutnya menampilkan lima warna cerah yang berbeda.)

Pada akhir tahun, iMac adalah komputer pribadi dengan penjualan tertinggi di negara ini, dan Jobs dapat mengumumkan keuntungan yang konsisten untuk perusahaan yang pernah hampir mati. Tahun berikutnya, ia menang sekali lagi dengan iBook yang bergaya, sebuah komputer laptop yang dibuat dengan mempertimbangkan siswa, dan G4, komputer desktop yang cukup kuat sehingga (sehingga Apple membual) tidak dapat diekspor dalam keadaan tertentu karena memenuhi syarat sebagai superkomputer. Meskipun Apple tidak mendapatkan kembali dominasi industri seperti dulu, Steve Jobs telah menyelamatkan perusahaannya, dan dalam prosesnya membangun kembali dirinya sebagai ahli pemasar teknologi tinggi dan visioner.

Pada tahun 2001 Jobs mulai menciptakan kembali Apple untuk abad ke-21. Itu adalah tahun dimana Apple memperkenalkan iTunes, sebuah program komputer untuk memutar musik dan untuk mengkonversi musik ke format digital MP3 kompak yang biasa digunakan di komputer dan perangkat digital lainnya.

Kemudian pada tahun yang sama, Apple mulai menjual iPod, pemutar MP3 portabel, yang dengan cepat menjadi pemimpin pasar. Pada tahun 2003 Apple mulai menjual salinan lagu-lagu perusahaan rekaman besar yang dapat diunduh dalam format MP3 melalui Internet. Pada tahun 2006 lebih dari satu miliar lagu dan video telah terjual melalui iTunes Store online Apple.

Sebagai pengakuan atas pergeseran yang berkembang dalam bisnis perusahaan, Jobs secara resmi mengubah nama perusahaan menjadi Apple Inc. pada 9 Januari 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper